Friday, September 18, 2015

Penyebab dan cara alami mengatasi keringat berlebih (hiperhidrosis)

Penyebab dan cara alami mengatasi keringat berlebih (hiperhidrosis) - Tubuh yang berkeringan adalah sebuah proses alami yang terjadi pada tubuh kita dan merupakan reaksi normal terhadap pendinginan. Namun ada beberapa orang disekitar kita yang justru mengalami keringat berlebih atau dalam bahasa medis disebut Hiperhidrosis

Penyebab dan cara alami mengatasi keringat berlebih

Dalam dunia medias Hiperhidrosis pada dasarnya bukanlah kondisi kesehatan serius. Namun bagi penderitanya, keringat berlebih tentu akan menimbulkan rasa tidak nyaman, menimbulkan efek psikologis dan psikososial. Orang yang menderita hiperhidrosis sering menjadi kurang percaya diri, menutup diri dan harus mengubah gaya hidup untuk mengakomodasi masalah ini. 

Belum lagi keringat berlebih cenderung menimbulkan masalah seperti iritasi kulit ,  karena kulit basah lebih rentan terhadap infeksi bakteri dan jamur tambahan.

Penyebab Keringat Berlebih Yang Umumnya Terjadi

Hiperhidrosis disebabkan oleh adanya kerja eccrine yang terlalu aktif. Eccrine adalah kelenjar keringat yang mengatur suhu tubuh. Kelenjar ini berlokasi di seluruh tubuh sehingga semua bagian tubuh dapat berkeringat, namun hiperhidrosis terutama terjadi di telapak tangan, telapak kaki, ketiak dan wajah.

Namun ada pula yang disebabkan karena bakat bawaan yang menurun di keluarga dimana ditemukan seridaknya ada 1/3 orang yang menderita keringat berlebih memiliki anggota keluarga yang juga merasakan keluhan keringat berlebih yang sama.

Dalam berbagai kasus, selain faktor yang disebutkan diatas, ada beberapa faktor lain yang ikut menjadi penyebab keringat berlebih ini yakni :

1. Bersumber dari makanan

Makanan pedas, minuman panas atau minuman yang banyak mengandung alkohol dan kafein dapat menimbulkan Hiperhidrosis.

Makanan pedas seperti lada dapat meningkatkan produksi keringat. Untuk itu sebisa mungkin untuk tidak mengkonsumsinya secara berlebih. Untuk menghindari bau yang menyegat dari keringat ini, disarankan pula untuk menghindari makanan seperti bawang putih,  karena bau menyengat yang dikaitkan dengan makanan ini bisa keluar lewat keringat.

2. Faktor penyakit 

Ada beberapa jenis penyakit yang kerap kali ikut memberi efek terhadap keringat berlebih. Seperti 
  • Hipoglikemia. Kadar gula darah yang rendah sering dijumpai pada penderita diabetes yang mengkonsumsi insulin atau obat anti-diabetes-oral.
  • Demam. Ketika suhu badan naik dan akan kembali ke normal, bisa disertai dengan keringat berlebihan.
  • Hipertiroidisme. Kadang kelenjar tiroid mengeluarkan sejumlah besar hormon tiroksin. Hal ini menyebabkan penurunan berat badan, denyut jantung yang cepat atau tidak teratur, gelisah.
  • Serangan jantung. Terjadi ketika aliran darah ke otot jantung berkurang.
  • Tuberkolosis. Salah satu gejalanya adalah berkeringat di malam hari.

3. Konsumsi obat-obatan juga turut memberi andil sebab kandungan bahan-bahan kimia seperti Morfin, tiroksin dosis tinggi, beberapa anti-psikosa, obat pereda nyeri (aspirin dan asetaminofin) bisa menimbulkan keringat berlebih

Selain itu wanita pada Menopouse juga biasa mengalamai hot flashes, dimana terjadi peningkatan suhu kulit yang disertai keringat dan kegerahan.


Cara alami mengatasi keringat berlebih (hiperhidrosis)

Jika anda atau salah seorang dari sahabat,keluarga anda mengalami masalah keringat berlebih, anda bisa mencoba beberapa tips alami mengatasi keringat berlebih di bawah ini

1. Perbanyak Konsumsi Air Putih

Keringat berlebih terjadi karena subuh tubuh terlalu tinggi sehingga tubuh memproduksi keringat untuk mendinginkannya kembali. Minum air putih sepanjang hari akan mengatur suhu tubuh agar menjadi tidak tinggi lagi.

Air putih juga memberikan efek detoksifikasi karena memungkinkan toksin keluar dari tubuh melalui urin. Coba minum 6 sampai 8 gelas air sehari untuk membantu masalah keringat dan memberi sejumlah manfaat kesehatan lainnya, termasuk kulit yang lebih jernih dan pencernaan yang lebih baik

2. Teh Sage

Sedikit yang tahu bahwa teh sage adalah obat herbal yang dipercaya mencegah kelenjar keringat berproduksi terlalu banyak.Anda mungkin bisa menemukan teh sage di toko obat dan makanan, tetapi Jika anda berkesempatan cobalah membuatnya sendiri dirumah
Cukup rebus segenggam daun sage segar atau kering dalam sepanci air. Setelah direbus, saring airnya dan biarkan agak dingin sebelum diminum.
Satu atau dua cangkir teh sage sehari sudah cukup.

3. Yoghurt 

Yoghurt sudah banyak dikenal sebagai salah satu minuman yang sangat baik untuk kesehatan. Salah satu manfaat yoghurt yakni bisa mengurangi produksi keringat karena kandungan kalsiumnya yang tinggi. 

Jika anda bukan bukan orang yang termasuk suka dengan produk olahan dari susu, anda bisa mengganti asupan kalsium dari yoghurt ini dari almond atau sayuran hijau seperti brokoli.

4. Hindari Makanan Cepat Saji

Untuk menghindari produksi keringat berlebih, sangat disarankan untuk mengurangi kebiasaan mengkonsumsi makanan cepat saji,soda dan minuman-minuman yang bisa memperparah produksi keringat seperti sirup jagung atau minuman dnegan pemanis buatan.

5. Jus lemon

Penyebab dan cara alami mengatasi keringat berlebih
Jus lemon bisa membantu menghilangkan bau yang dihubungkan dengan keringat berlebih, berkat asam sitrat yang dikandungnya.

Peras jus dari lemon segar, atau ambil sebotol air perasan lemon dan oleskan air lemon tersebut ke area yang paling berkeringat. Anda akan tercium seperti lemon segar sepanjang hari. Jus lemon bersifat asam sehingga dapat menyebabkan iritasi pada kulit sensitif. Jangan mengoleskan jus pada area sensitif atau kulit yang luka atau tergores, karena bisa menimbulkan rasa menyengat.

Selain jus lemon, ada baiknya mengkonsumsi banyak buah-buahan dan sayuran segar, terutama yang tinggi kandungan air seperti tomat, semangka, mentimun, dan sebagainya. Juga gandum, daging tanpa lemak dan ikan, kacang-kacangan, dan telur.

6. Jus Tomat

Jus tomat menjadi minuman sehat yang paling banyak digunakan untuk mengurangi keringat berlebih. Selain dibuat sebagai jus, anda bahkan bisa mengkonsumsinya secara langsung.

7. Jus Lobak

Penyebab dan cara alami mengatasi keringat berlebih
Jus lobak efektif dalam mengurangi keringat berlebih, karena mengurangi aktivitas di kelenjar keringat. Bila Anda mau mencoba, Anda bisa mengambil sari lobak dengan memarut buah lobak, kemudian peras airnya,Kemudian Anda bisa mengoleskan jus lobak pada ketiak atau area lain yang berkeringat. Alternatif lain, Anda bisa meminum jus lobak atau menggunakannya dalam smoothie sehat .

8. Kurangi Stres

Stress dapat memicu produksi keringat berlebih.Ketika Anda stres atau gugup, perasaan itu merangsang neurotransmiter di dalam otak yang mengirimkan isyarat pada tubuh Anda untuk mulai berkeringat,

9. Pakai pakaian dari bahan yang sejuk dan menyerap keringat

Memakai pakaian yang menyerap keringat dapat mencegah Anda mengeluarkan keringat berlebih dan juga bisa menutupi noda keringat.

10. Jaga kesejukan tempat tidur Anda

Bila Anda banyak berkeringat di malam hari Pastikan Anda menggunakan sprei ringan dan menyerap keringat tak peduli musim panas atau musim hujan. Pastikan Anda memilih sprei yang menyerap keringat seperti katun,

11. Mandi dan pakai Deodoran

Mandilah dua kali sehari dengan menggunakan sabun lembut dan  Gunakan deodoran bebas alkohol.

12. Biasakan Pola Hidup Sehat

Membiasakan hidup sehat dengan berhenti merokok dan minum alkohol sangat efektif mengatasi keringat berlebih. Jangan lupa perhatikan berat badan anda sebab kelebihan berat badan juga menyebabkan peningkatan jumlah keringat.

Itulah penyebab dan cara alami mengatasi keringat berlebih (hiperhidrosis), semoga artikel ini bermanfaat. 

Disadur dari wikihow dengan berbagai perubahan. 

TIPS MENARIK LAINNYA :
loading...

Related Posts

Penyebab dan cara alami mengatasi keringat berlebih (hiperhidrosis)
4/ 5
Oleh
loading...
Komentar Anda :