Tuesday, September 1, 2015

Anak mendengkur saat tidur ? Mungkin Ini Penyebabnya

Anak mendengkur saat tidur ? Mungkin Ini Penyebabnya - Mungkin saat ini anda melihat sesuatu yang aneh pada buah hati anda. Ia mendengkur saat tidur ! Kebiasaan anak mendengkur saat tidur perlu diwaspadai apalagi hal ini bukan dikarenakan karena kelelahan, sebab kondisi anak yang mendengkur saat tidur bisa menjadi sesuatu yang tidak biasa.


Memang, bukan cuma orang dewasa yang sering mendengkur. Penelitian di Amerika Serikat menemukan bahwa 11 – 12% anak berusia 1 – 9 tahun mendengkut, dengan frekuensi 3-4 kali seminggu. Menurut Dr Ronny Suwento, Sp THT(K) dari Departemen Telinga Hidung dan Tenggorokan, Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo Jakarta, secara prinsip tidak ada perbedaan mengorok pada orang dewasa dan anak. Keduanya berhubungan dengan masalah saluran pernapasan.

penyebab kenapa anak mendengkur saat tidur Lalu apa saja penyebab utama anak mendengkur saat tidur ?

Seperti di kemukakan diatas faktor penyebab anak mendengkur saat tidur bisa berawal dari kondisi kelelahan, namun ditinjau dari segi medis feneomena anak mendengkur ketika tidur bisa disebabkan dari beberapa faktor diantaranya adalah :

1. Amandel

Pada anak, penyebab tersering adalah pembesaran amandel (terletak di belakang rongga mulut) dan adenoid (terletak di belakang rongga hidung), akibat  infeksi dan alergi,” katanya. Amandel dan adenoid bertugas ’menangkap’ kuman yang masuk ke dalam tubuh dan melindungi anak dari penyakit. Saat melawan kuman terkadang amandel dan adenoid membengkak, merah, dan meradang. Ini menyebabkan terhalangnya aliran udara.

Oleh karena itu cara pencegahan dan pengobatan yang pertama harus di lakukan untuk anak dengan kebiasaan mendengkur ini adalah mengatasi masalah amandel atau radang tonsil-adenoid dan masalah kelainan anatomi dan sistem syaraf dapat di atasi dengan metode bedah orthodontik.

2. Alergi

Hal serupa juga sering dialami oleh anak-anak yang memiliki bakat alergi, allergic rhinitis dan alergi yang berhubungan dengan pernapasan. ”Pada kondisi alergi akan terjadi pembengkakan  selaput lendir hidung  yang menyebabkan pembesaran adenoid. Saat itu, anak terlihat sulit bernapas melalui hidung sehingga bernapas melalui mulut.

Alergi ini paling sering menyebabkan seorang anak berusia di bawah satu tahun mengorok. Untuk mengatasinya, sama seperti menangani masalah alergi pada umumnya, yaitu menghindari faktor alergen, seperti debu dan asap rokok. Sering-sering membersihkan boneka dan mengganti selimut.

3. Obesitas / Kegemukan

Kenapa obesitas bisa menyebabkan anak mendengkur??hal ini disebabkan obesitas atau kegemukan ini juga mengakibatkan peningkatan lemak pada leher. 

Pada anak dengan obesitas, kumpulan lemak yang berlebihan di daerah leher akan menekan saluran napas terutama pada posisi terlentang.

Maka dari itu, jika Anda sebagai orang tua tidak ingin terganggu dengan suara mendengkur yang berasal dari anak Anda mulai dari sekarang ajarilah untuk diet agar tubuh tubuh anak anak lebih ideal.

4. Faktor Pertumbuhan

Terkadang kebiasaan mendengkur pada anak, juga berhubungan dengan tumbuh kembangnya. Dokter Ronny mencontohkan, mungkin ukuran rahang bawah anak masih kecil namun seiring bertambahnya usia, ukuran rahangnya ikut tumbuh, sehingga ngorok dapat hilang setelah perkembangan rahang yang optimal.

Waspadai Dampak Anak Mendengkur Saat Tidur

Ada beberapa dampak dari anak yang sering mendengkur saat tidur. Setidaknya itulah pernyataan yang di kemukakan oleh  dr Andreas Prasadja, RPSGT seorang ahli kesehatan tidur dari RS Mitra Kemayoran. 

Salah satu yang paling buruk dari kondisi ini adalah berhubungan dengan tumbuh kembangnya. ini akan berdampak pada kognitif, emosional, dan masih banyak lagi.

Dalam masa tumbuh kembang anak memang banyak hal yang perlu diwaspadai. Khususnya untuk hal-hal kecil yang dianggap biasa oleh orangtua seperti ngorok atau mendengkur

Untuk kognitif pada anak, dr Ade mengatakan sudah tentu harus dijaga karena hal ini berkaitan dengan akademis anak. "Kalau pada kognitifnya jelas harus dijaga, karena bisa jadi akademisnya menurun. Selain itu, motorik halusnya bisa tidak berkembang," ungkap Ade.

Selain itu gangguan tidur pada anak yaitu dapat menimbulkan kualitas tidur yang buruk, karena kurangnya pasokan oksigen.

Anak menjadi mudah letih dan menyebabkan anak lebih cepat lapars sehingga cenderung mengkonsumi makanan manis yang tentunya dapat memicu obesitas yang ujungnya2 menimbulkan resiko penyakit yang lebih berbahaya.  


Semoga artikel mengenai kondisi anak mendengkur saat tidur yang telah kami ulas, bermanfaat.

Jangan lupa di share untuk sahabat dan orang-orang yang anda sayangi. Salam sehat :)


TIPS MENARIK LAINNYA :
loading...

Related Posts

Anak mendengkur saat tidur ? Mungkin Ini Penyebabnya
4/ 5
Oleh
loading...
Komentar Anda :