Friday, August 14, 2015

7 Manfaat Dari Mendongengkan Anak Sebelum Tidur

Apakah anda memiliki anak yang suka mendengar cerita atau dongeng sebelum mereka tidur. Terlepas dari kenyataan jika ternyata banyak orang tua yang tidak suka melakukan "pekerjaan" ini mendongengkan anak sebelum tidur, namun manfaat membacakan cerita kepada anak sebelum mereka terlelap ternyata sangat berdampak positif terhadap kesehatan emosional dan mental mereka.

Mari kita manfaat mendongengkan anak sebelum tidur yang di lansir dari amerikanki berikut ini :

1. Membantu membangun daya imajinasi bagi si kecil

Membacakan cerita atau mendongengkan anak sebelum tidur dapat membantu mengembangkan imajinasi mereka. Dengan begitu si kecil akan memiliki imajinasi yang sehat karena dapat mengembangkan pikirannya berpikir secara cepat dan efektif. Cerita atau dongeng yang anda ceritakan pada mereka dapat membantu si kecil mendapatkan solusi efisien di masa-masa yang akan datang karena imajinasi yang indah.

Manfaat Dari Mendongengkan Anak Sebelum TidurKemampuan untuk memvisualisasikan karakter nyata, tempat dan keadaan membuat hidup kita lebih berwarna dan bahagia sehingga Anda harus memberikan anak Anda keterampilan ini juga.

2. Menjadi momen yang sulit terlupakan 

Kebiasaan untuk mendongengkan anak sebelum tidur  dapat menjadi momen yang tak terlupakan bagi mereka. Sebagai orang tua, Anda tentu ingin anak Anda mengingat saat-saat ketika Anda membacakan beberapa cerita sebelum tidur.

Saat-saat ketika Anda membacakan cerita dan melihat bahwa senyum kecil yang menawan dari kepala yang mengantuk tentu benar-benar tak ternilai harganya harganya bukan? So cobalah untuk meluangkan beberapa menit untuk membaca cerita untuk si kecil akan anda bisa membangun kenangan-kenangan ini saat mereka beranjak dewasa,

3. Meningkatkan Kemampuan Verbal Bagi Si Kecil

Kebiasaan ini juga akan banyak membantu si kecil mengembangkan kemampuan verbal dan bahasa mereka. Saat anda membaca cerita munkin ada kalanya anda mengajarkan sebagian bahasa kepada mereka untuk memperkaya kosakatanya. Dan tidak menutup kemungkinan mereka akan sering menggunakan kosakata yang anda ajarkan itu dalam kehidupan sehari-hari nantinya.

Manfaat dari Mendongengkan anak sebelum tidur juga bisa membantu sikecil mengekspresikan pendapat mereka.

4. Menumbuhkan Rasa Cinta Akan Membaca

Membiasakan diri untuk meluangkan waktu mendongengkan anak sebelum tidur, maka secara tidak langsung anda telah membangun rasa cinta akan membaca bagi putra-putri anda sejak dini.

Anak-anak yang memiliki rasa suka membaca ternyata terbangun sejak awal karena kebiasaan mereka didongengkan sebelum tidur. Cobalah menginspirasi anak anda dengan sesuatu yang positif demi kesukusesan hidup mereka di masa depan.

5. Merangsang otak dan kecerdasan si kecil

Coba bayangkan berapa banyak pertanyaan muncul di kepala si kecil ketika mereka mendengar cerita dari ibu atau ayah mereka. Apa Ini?  Apa itu?.

Mereka bahkan sudah bertanya sebelum anda mulai bercerita dan semakin banyak pertanyaan saat anda telah bercerita. Hal ini berdampak positif terhadap otak dan kecerdasan mereka karena semangat rasa ingin tahu yang tinggi. 

Semakin sering anda membacakan cerita untuk anak-anak anda sebelum tidur maka semakin baik pula untuk mereka. Bahkan adakalanya mereka akan mencoba untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan mereka sendiri bahkan tanpa bantuan Anda, karena otak mereka akan bekerja lebih baik, lebih cepat dan dengan cara yang lebih natural.

6. Sebagai pengantar tidur yang baik

Manfaat dongeng bagi anak juga merupakan pengantar tidur yang baik. Jika anda tidak bisa menyanyi atau tidak melakukan hal ini karena alasan, maka dongeng bisa menjadi pilihan yang bijak sebagai pengantar tidur yang baik untuk si kecil.

Saat ini semakin banyak akses yang bisa ditempuh untuk mendapatkan ragam cerita-cerita bermanfaat bagi anak anda. Melalui internet pun anda bisa mendapatkan dongeng-dongen bermutu yang bisa anda ceritakan bagi si kecil.

7. Membuat Anak Lebih Pandai

Membaca tentu akan membuat kita lebih pintar. Ketika anda membacakan cerita atau dongeng pada mereka anak sebelum tidur, tentu anak anda akan banyak belajar, misalnya bahasa dan kosakata. 

Tentu akan besar pula manfaatnya jika cerita atau dongen yang anda ceritakan memiliki pesan moral, tentang apa yang baik dan apa yang buruk. Hal ini serta merta akan menjadi pembelajaran yang baik terhadap perilaku mereka.

Mendongengkan atau membacakan cerita untuk si kecil sebelum tidur sangat besar manfaatnya. Meskipun kadang anda masih merasa lelah karena pulang dari kantor, tapi sediakanlah sedikit waktu luang bagi mereka untuk mendengarkan cerita anda. Suatu saat ketika meraka telah beranjak dewasa, momen dan pembelajaran akan hal ini tentu tak bisa mereka lupakan. Percayalah. 

So apa dongeng kesukaan anak anda saat mereka ingin tidur ?


TIPS MENARIK LAINNYA :
loading...

Related Posts

7 Manfaat Dari Mendongengkan Anak Sebelum Tidur
4/ 5
Oleh
loading...
Komentar Anda :