Friday, October 2, 2015

Penyebab dan Cara Mengatasi Bercak Putih Pada Kulit dan Wajah Bayi

Bercak Putih Pada Wajah dan kulit Bayi  merupakan sesuatu yang umumnya terjadi terlebih pada bayi yang baru lahir. Namun dalam berbagai kasus, bercak putih pada wajah bayi juga sering terjadi pada bayi umur 1-3 bulan dengan berbagai gejala awal seperti adanya bercak -bercak seperti biang keringat yang kemudian menjadi bercak putih. ( Baca juga : Tips dan Cara Merawat Gigi Bayi dan Balita )

Penyebab Bercak Putih Pada Wajah Bayi 

Menurut dr. Tri Permatadewi seperti yang dilansir dari laman alodokter.com, penyebab bercak putih pada wajah bayi umumnya disebabkan oleh Pityriasis alba. Pityriasis alba sampai saat ini tidak diketahui penyebabnya. 

Lesi yang muncul biasanya adalah bercak berbentuk bulat atau oval, berwarna merah muda dan terlihat kering yang semakin lama akan mengalami hipopigmentasi sehingga kulit berwarna putih. Lokasi munculnya bercak putih ini adalah pipi, leher, lengan, dan tubuh bagian atas. Lesi ini semakin bertambah jelas setelah terpapar sinar matahari. Keluhan ini seringkali muncul pada bayi dengan jenis kulit kering.

Penyebab dan Cara Mengatasi Bercak Putih Pada Kulit dan Wajah Bayi


Selain itu bercak putih pada wajah bayi seperti panu atau tinea versicolor, biasanya ditemukan pada anak yang lebih besa ( kisaran usia 1-3 bulan). Penyebab bercak putih pada wajah bayi ini banyak disebababkan akibat infeksi jamur. 

Penyebab lain dari timbulnya bercak putih pada wajah bayi bisa pula akibatkan adanya tanda awal gangguan eksim kulit dan vitiligo. Vitiligo merupakan penyakit yang menyebabkan terbentuknya bercak-bercak putih pada kulit. Penyakit ini dapat terjadi pada segala usia, tapi umumnya sebelum pengidap berusia 20 tahun.

Cara Mengatasi Bercak Putih Pada Wajah Bayi 


Langkah mengatasi bercak putih pada wajah bayi adalah dengan melakukan pemeriksaan pada dokter untuk memastikan  penyebab bercak putih yang muncul pada kulit anak Anda.

Dokter akan dapat melihat langsung bercak yang dimaksud. Dengan melihat secara langsung dan pemeriksaan penunjang bila diperlukan, maka dapat ditentukan penyebab bercak putih pada kulit anak Anda.

Untuk mengurangi keluhan bercak putih pada wajah bayi tersebut, anda bisa melakukan :
  1. Mengoleskan pelembab untuk kulit bayi.
  2. Memberikan salep khusus untuk bercak putih sesuai dengan penyebabnya.
  3. Mandikan bayi dengan sabun yang banyak mengandung pelembab untuk kulitnya yang masih sensitif.
  4. Hindari mandi dengan air yang terlalu panas.
Jika dengan cara diatas keluhan bercak tidak menghilang maka sebaiknya Anda segera menghubungi dokter anak.

Semoga informasi penyebab dan cara mengatasi bercak putih pada wajah bayi yang telah kami sajikan ini bisa membantu dan bermanfaat bagi anda. Tetap menjaga pola hidup sehat agar kesehatan tubuh anda sekeluarga tetap terjaga. Salam hangat.


TIPS MENARIK LAINNYA :
loading...

Related Posts

Penyebab dan Cara Mengatasi Bercak Putih Pada Kulit dan Wajah Bayi
4/ 5
Oleh
loading...
Komentar Anda :