Friday, October 2, 2015

Tips Agar Rambut Tidak Rontok Hindari Stress dan Pil KB !

Tips Agar Rambut Tidak Rontok - Salah satu ciri dari masalah rambut dalah kerontokan. Rambut rontok menjadi salah satu masalah yang ditakuti oleh banyak orang khususnya wanita.

Salah satu penyebab rambut rontok bisa diakibatkan oleh berbagai kebiasaan-kebiasaan yang mungkin saja seringkali kita lakukan sehar-hari. Salah satu penyebab rambut rontok terbaru adalah konsumsi pil KB dan dan stress.

Sebuah temuan baru mengungkapkan jika, kebotakan akibat rambut rontok yang terjadi pada seperlima wanita banyak disebabkan oleh stress,pil kb, diet ketat dan seringnya mengkonsumsi makanan-makanan olahan.

Dalam sebuah survei yang dilakukan di Inggris kepada lebih dari 2000 wanita yang mengalami masalah rambut rontok, 21 persen diantaranya juga mengalami masalah rambut seperti penipisan rambut.

Salah satu ahli rambut dan kepada bernama Philip Kingley mengutarakan jika kebotokan yang terjadi pada wanita mengalami peningkatan. Umumnya banyak terjadi karena pengaruh perubahan hormon, pola makan dan stress yang berlebihan serta penggunaan pil kontrasepsi.

Dari pengakuan responden, ditemukan pula jika sebagaian besar dari mereka tidak menyadari telah mengalami kerontokan rambut sampai mereka telah kehilangan 15 persen dari volume rambut mereka.

Tips Agar Rambut Tidak Rontok
Ilustrasi perawatan rambut Velaterapia. 
Kerontokan pada rambut juga banyak dipengaruhi oleh faktor genetik, asupan zat besi yang minim dan adanya sindrom PCOS atau sindrom ovarium polikistik serta gangguan pola makan.

Dr Lara Briden seorang ahi hormon & naturopati ikut menambahkan jika masalah rambut rontok yang disebabkan dari penggunaan pil KB banyak disebabkan karena pil KB mengandung progestin dan bahan progresteron sintesis dengan kadar androgen yang tinggi sehingga akan bekerja seperti testosteron dalam tubuh. Efek yang kemudian terjadi bisa mengecilkan folikel rambut sehinggi mengakibatkan penipisan rambut.

Oleh karena itu agar rambut tidak rontok, Lara Briden menyarankan kepada wanita untuk menghindari stress dan berkosultasi terlebh dahuli kepada doktur untuk penggunaan kontrasepsi yang berbeda.

Baca juga : Tips dan cara perawatan rambut agar cepat panjang dan sehat

Cara mengenali Kerontokan Rambut


Lara briden menambahkan jika ada beberapa cara untuk mengenali kerontokan rambut, salah satunya rambut rontok saat sedang keramas atau menyisir dimana volume kerontokannya mengalami peningkatan dalam periode dua bulan. Pun demikian halnya jumlah rambut yang dikuncir nampak lebih tipis, kulit kepala yang terlihat serta rambut yang sudah tidak bisa lagi tumbuh dalam tempo normal seperti sebelumnya.

Tips untuk mengatasi rambut rontok

Ada banyak tips untuk mengatasi rambut rontok sekaligus merawat serta mempercantik rambut Anda yang bisa Anda pelajari dan terapkan sesuai dengan kebutuhan rambut Andabeberapa tips mudah mengatasi rambut rontok yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah:

Hindari penggunaan produk perawatan rambut seperti shampoo, conditioner, toning, hairspray, gel dan lain sebagainya yang mengandung terlalu banyak bahan kimia. Kandungan bahan kimia yang ada dalam produk tersebut dapat menyebabkan kerusakan dan kerontokan rambut. Untuk mengatasi rambut rontok, sebaiknya Anda memilih produk yang berasal dari bahan alami maupun herbal.

Untuk mengatasi rambut rontok, ubah kebiasaan Anda dalam mencuci rambut atau keramas sebagai berikut:

  1. Hindari keramas menggunakan air yang terlalu panas
  2. Hindari keramas lebih dari 2x seminggu. Gunakan shampoo yang lembut dan tidak terlalu keras.
  3. Jangan menyisir rambut ke belakang (terbalik) atau menyisir rambut terlalu keras karena kemungkinan besar akan menyebabkan rambut Anda rontok. Gunakan sisir berkualitas bagus.
  4. Pijat kulit kepala secara menyeluruh selama 10-15 menit setelah keramas. Hal ini untuk membantu merangsang sirkulasi darah serta menguatkan akar rambut.


TIPS MENARIK LAINNYA :
loading...

Related Posts

Tips Agar Rambut Tidak Rontok Hindari Stress dan Pil KB !
4/ 5
Oleh
loading...
Komentar Anda :