Tuesday, June 16, 2015

Tips dan Cara Merawat Gigi Bayi dan Balita

Merawat Gigi Bayi pada awal masa pertumbuhannya bisa di katakan gampang-gampang susah. Terlebih anak menjadi rewel saat pertumbuhan gigi pertamanya. Pertumbuhan gigi pada anak pada umumnya di mulai sejak usia 6 bulan sehingga pada masa ini proses merawat gigi bayi yang baru tumbuh di perlukan perlakuan khusus agar gigi bisa tumbuh dengan sehat dan tidak mengalami kerusakan.

Cara Merawat Gigi pada Bayi yang Baru Tumbuh Agar Lebih Sehat

Merawat gigi susu pada anak tidak bisa di anggap sepele sebab gigi susu yang baik akan menentukan kualitas gigi permanen yang akan tumbuh nantinya. Merawat gigi bayi perlu di lakukan karena gigi susu yang sehat akan membantu proses mengunyah menjadi lebih baik, sehinga nutrisi akan baik di serap dan tentu akan membantu proses tumbuh kembang anak.

Pada bayi yang baru tumbuh giginya, ada beberapa gejala yang bisa disertai sehingga buah hati kita sering merasa sakit dan kurang nyaman, tanda-tanda bayi yang baru tumbuh gigi ialah :

Cara Merawat Gigi Bayi

  • Serinya keluar air liur karena adanya rangsangan dari pertumbuhan gigi
  • Gigi yang baru tumbuh sering membuat bayi menjadi kurang nyaman, dan akan sering menggigit muali dari mainan sampai pada puting susu saat ia menyusu
  • Rewel, hal ini disebabkan karena bayi merasa sakit ketika gigi kecilnya menekan area gusi, sehingga mereka kurang nyama dan akhirnya sering rewel.
Oleh karena agar pertumbuhan gigi bayi tetap baik, anda bisa mencoba beberapa tips merawat gigi bayi seperti berikut ini :

  1. Hindari menggunakan alat makan yang sama. Usahakan untuk memisahkan alat makan seperti sendok,garpu dan alat makan yang lain, antara anda dan bayi anda. Perlu di ingat jika bekas liur anda yan tertingal pada alat makan yang anda gunakan mengandung banyak bakteri yang bisa merusak pertumbuhan gigi susu bayi karena akan berpindah ke mulut bayi. Untuk itu upayakan menyikat gigi minimal dua kali sehari sesudah makan dan sebelum tidur.
  2. Perlahan-lahan hentikan kebiasaan minum susu dari dot. Kebiasaan minum susu dari dot sebaiknya di hentikan ketika bayi memasuki usia 6 bulan. Hal ini diperlukan agar sisa-sisa susu yang menempel pada dot dan mengandung gula bisa ikut menenmpel pada gigi bayi apalagi jika buah hati minum susu dari dot sampai tertidur.
  3. Jaga kebersihan mulut bayi. Kita juga perlu selalu menjaga kebersihan mulu buah hati sesaat setelah makan atau setelah anda menyusui. Di saat gigi mereka mulai tumbuh, maka sudah bisa kita menggunakan sikat gigi khusus (finger tootbrush) atau bisa juga menggunakan kain kasa dengan air yang hangat untuk membersihkan gigi. Saat mulai beranjak besar anda bisa menyikat gigi, gunakan pasta gigi khusus untuk gigi susu. Jangan lupa untuk selalu membawa anak anda secara rutin ke dokter gigi minimal 6 bulan sekali
  4. Jauhkan dari asap rokok. Rokok dan asapnya kurang baik untuk kesehatan, tidak terkecuali pada sang buah hati. Untuk itu jauhkan asap rokok dari sang buah hati karena bisa menyebabkan gigi dan gusi mereka rusak. selain tentunya untuk menghindari gangguan kesehatan lain yang di timbulkan dari asap rokok.
  5. Pilih asupan yang sehat. Makanan yang sehat juga menjadi penting untuk merawat gigi bayi di saat-saat pertumbuhannya. Pilih makanan yang tidak memiliki banyak gula. Selain itu anda juga bisa memberikan buah dan sayuran secara rutin kepada buah hati anda.
Sebagai kesimpulan, pada dasarnya upaya orang tua untuk  merawat gigi bayi mereka diperlukan sejak dini, sebab hal ini akan menjadi awal bagi sang buah memiliki gigi yang sehat dan jauh dari kerusakan gigi seperti gigi berlubang di masa-masa yang akan datang.


TIPS MENARIK LAINNYA :
loading...

Related Posts

Tips dan Cara Merawat Gigi Bayi dan Balita
4/ 5
Oleh
loading...
Komentar Anda :