Monday, May 16, 2016

Waspada, Junk Food Sangat Berbahaya Bagi Ginjal Anda !!

Efek Junk food terhadap kesehatan ginjal

Makan junk food dapat merusak ginjal dan menyebabkan diabetes, menurut studi belum lama ini. Masalah yang disebabkan makan junk food atau diet tinggi lemak serupa dengan yang ditemukan dalam diabetes tipe 2.

efek junk food terhadap ginjal

Studi tersebut menggunakan tikus percobaan yang diberi makan junk food terdiri dari keju, cokelat, dan  marshmallow,m seperti diberitakan VOA.Peneliti kemudian mengamati perubahan yang diakibatkan diet tersebut terhadap kadar gula darah dan transporter glukosa di ginjal. Transporter punya peran sentral di diabetes dan dapat membawa masalah penting bagi organ dalam.

Studi menemukan bahwa tikus dengan diabetes tipe 2 memiliki lebih banyak transporter glukosa tertentu dan protein regulator. Diet tersebut menyebabkan perubahan yang sama terhadap reseptor. Artinya, ini dapat menyebabkan masalah serupa seperti yang dialami orang dengan diabetes.

Baca juga | Ini Dia Obat Sakit Jantung, Diabetes, dan Darah Tinggi Yang Belum Banyak Diketahui

Diabetes tipe 2 terjadi ketika produksi insulin tubuh tidak cukup atau tidak bereaksi secara layak. Ketika hal itu terjadi, tingkat gula darah meningkat, yang memiliki efek ketuk terhadap organ, termasuk ginjal.

Masalah ini ditemukan di junk food dan diet tinggi lemak dan dapat ditemukan juga pada masa depan, ujar peneliti.

“Diet Western yang mengandung sangat banyak junk food dan lemak. Ada hubungan yang kuat antara konsumsi berlebih makanan tersebut dengan peningkatan prevalensi obesitas dan diabetes tipe 2 baru-baru ini,” ujar Dr Havovi Chichger, dosen senior dalam bidang sains biomedis di Anglia Ruskin University.

Baca juga | 9 Cara Detox Alami Untuk Tubuh Agar Makin Sehat

“Dalam studi kami, diabetes tipe 1 dan 2 menyebabkan perubahan transporter glukosa di ginjal, dan junk food atau diet tinggi lemak menyebabkan perubahan yang sangat mirip dengan yang ditemukan di diabetes tipe 2.”

Studi lain serupa dapat membantu mengatasi efek masalah yang berkenaan dengan gula darah tinggi, ujar peneliti.

“Pengobatan baru bagi pasien diabetes mengangkat bloking transporter glukosa di ginjal untuk mengurangi kadar gula darah,” ujar Dr Chichger yang jadi penulis utama studi tersebut. (cnnindonesia).


TIPS MENARIK LAINNYA :
loading...

Related Posts

Waspada, Junk Food Sangat Berbahaya Bagi Ginjal Anda !!
4/ 5
Oleh
loading...
Komentar Anda :