Wednesday, February 24, 2016

Fakta-Fakta Unik dan Menakjubkan Janin Dalam Kandungan

Masa kehamilan menjadi bagian dari perjalanan hidup dari sepasang suami istri yang paling membahagiakan. Ketika itu ibu hamil mulai diistimewakan dan diperhatikan lebih oleh suami keluarga dan teman-temannya. Sambil menantikan sang buah hati lahir calon orang tua perlu mengetahui fakta-fakta unik yang menakjubkan tentang janin yang berada dalam kandungan, apa saja itu ?

1. Janin Bisa Merespon Cahaya

Fakta-Fakta Unik dan Menakjubkan Janin Dalam Kandungan

Tahukan anda jika di akhir tri semester pertama,atau sekitar 12 minggu usia kehamilan, janin mulai peka terhadap cahaya meskipun janin berada pada ruangan yang gelap. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa dengan memberikan sorotan cahaya dari kulit perut ibu,akan membuat janin di dalam kandungan mampu merasakannya dan menimbulkan gerakan pada janin. 

Karena terbiasa dengan gelap, respon pada rangsangan cahaya ini akan membuat janin sikecil akan menjauhi cahaya yang datang,ketika menjauhi cahaya inilah timbul gerakan-gerakan kecil di dalam perut ibu. Ibu bisa mencobanya dengan menyalakan senter ke arah perut setelah itu kita bisa mengamati respon janin dalam perut kita.

2. Janin belajar bahasa sejak dalam kandungan

Ada anggapan bahwa manusia belajar sejak lahir atau ketika mulai berbicara, namun sebuah penelitian mengungkapkan bahwa kita belajar bahasa sejak berada dalam kandungan. Para peneliti dari Pacific Lutheran University, Tacoma Amerika Serikat menenmukan bahwa bayi mempunyai kapasitas belajar dan mengingat suara-suara dasar dari ibunya ketika usia kehamilan mencapai 30 minggu. 

Fakta-Fakta Unik dan Menakjubkan Janin Dalam Kandungan

Pada usia ini mekanisme otak yang berkaitan dengan pendegaran sudah sepenuhnya terbentuk. Hasil penelitian ini dipublikasikan dalam journal acta paediatrica, mereka mengumpulkan 40 bayi laki-laki dan perempuan yang berusia 30 jam yang ada di kota Tacoma Amerika Serikat dan Stockholm Swedia. 

Bayi ini diperdengarkan dalam bahasa ibu dan bahasa asing setelah itu meneliti reaksi mereka dengan mengukur seberapa mereka mengisap dot. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa bayi mengisap dot dalam periode lebih lama, ketika mereka mendengar bahasa asing dan mengisap dot dalam waktu singkat saat mereka mendengar bahasa ibunya. 

Para peneliti menyimpulkan bahwa bayi-bayi yang baru lahir ini dapat membedakan apa yang mereka dengar karena sering mendengar bahasa sejak dalam kandungan. Isapan pendek diasosiasikan dengan suara yang familiar,sebaliknya isapan panjang diasosiasikan sebagai suara yang tidak familiar.
Penelitian tentang bahasa terhadap janin juga menganjurkan bahwa janin yang diajarkan dua bahasa dalam kandungan, akan mudah belajar dua bahasa tersebut ketika sudah lahir.

3. Janin bisa murung jika ibunya stress

Fakta-Fakta Unik dan Menakjubkan Janin Dalam Kandungan
Fakta menakjubkan tentang janin selanjutnya adalah bahwa janin bisa merasakan apa yang dirasakan oleh ibunya. Jadi jika sang ibu stress janin dalam kandungan juga ikut murung, penelitian ini dilakukan oleh para peneliti di Dorm University, mereka mengamati 8 janin perempuan dan 7 janin laki-laki dengan melakukan USG 4 dimensi. 

Dari ahsil penelitian didapatkan, foto para bayi ketika ibunya sedang stress, mereka terlihat murung dengan menyentuh dagu dan alis ketika ibu mereka sedang stress, semakin sering ibu merasa cemas, semakin tinggi juga tingkat stress yang dirasakan sang bayi.

Ketika sang ibu stress, ibu akan menghasilkan hormon kortisol berlebihan, hormon inilah yang dirasakan oleh janin. Keadaan ini bisa mempengaruhi pertumbuhan janin dalam kandungan ibu hamil karena itu usahakan untuk selalu merasa senang dan tidak tertekan ketika sedang mengandung ya bunda, agar janin juga tidak merasa stress


4. Janin Bisa Menikmati Rasa Dalam Rahim Ibu

Tahukah anda jika janin dapat mengecap cita rasa di usia 14 minggu, pada usia ini alat pengecapan pada janin sudah mulai bekerja, fakta ini ditemukan oleh para peneliti Touch Research Institute University of Miami Scholl of Madison, mereka memiliki video seorang janin yang sedang mengernyitkan dahi saat menelan cairan ketuban ibunya.

Cairan ketuban ini seperti air payau memiliki banyak rasa, manisnya glukosa, asinnya sodium,dan pahitnya air seni janin, rasa inilah yang pelan-pelan diidentifikasi oleh janin. Secara berkala janin menelan air ketuban tersebut sebagai makanan untuk pertumbuhannya.

Ada fakta unik lain yang ditemukan tentang kemampuan janin mengecap rasa ini, bayi-bayi yang ibunya sering makan bawang putih selama kehamilannya akan memperlihatkan preferensi khusus bagi makanan yang memilki rasa bawang putih.

5. Janin Cegukan Dalam Kandungan

Fakta-Fakta Unik dan Menakjubkan Janin Dalam Kandungan

Bila kita sering mengandung dan merasakan gerakan tiba-tiba dari janin atau perut seperti kejang, kemungkinan besar bayi anda sedang cegukan. Tahukah anda janin dalam kandungan bisa cegukan setiap hari? Cegukan ini bisa muncul diawali trisemester pertama, namun lebih sering muncul di trisemester kedua dan ketiga. Cegukan pada janin dalam kandungan disebabkan karena kontraksi difragma janin ketika bernafa di dalam air ketuban. 

Apakah ini berbahaya? 
Jangan khawatir cegukan ini tidak berbahaya bagi bayi, malah gerakan cegukan ini membantu janin mempersiapkan paru-paru saat lahir dan membantu mengatur detak jantungnya pada trisemester ketiga.

6. Janin Bisa Mengekspresikan Diri


Fakta-Fakta Unik dan Menakjubkan Janin Dalam Kandungan
Di usia 14 minggu, otak janin sudah dipenuhi syaraf sehingga ia sudah mulai bisa menggerakkan otot wajah untuk membuat ekspresi, pada saat ini bayi sudah bisa menggerutu dan memurungkan wajahnya.

Ekspresi wajah dalam kandungan bisa terlihat jelas saat melakukan USG 4 dimensi. Sebagian besar ekspresi janin dipengaruhi oleh ibunya sendiri. Jika ibunya selalu senang, mendengarkan lagu-lagu kesenagan dan tidak stress maka janin dalam kandungan akan mengekspresikan wajah senang dan sebaliknya jika ibunya sering tertekan dan stress maka janin juga bisa menampilkan wajah stress.

Itulah beberapa fakta menakjubkan janin ketika masih dalam kandungan, Masa dalam kandungan mempengaruhi pertumbuhannya ketika lahir nanti, karena itu perlu diperhatikan perkembangan keadaan janin secara berkala agar perkembangannya sesuai dengan usianya nanti.Semoga bermanfaat!


TIPS MENARIK LAINNYA :
loading...

Related Posts

Fakta-Fakta Unik dan Menakjubkan Janin Dalam Kandungan
4/ 5
Oleh
loading...
Komentar Anda :