Wednesday, August 5, 2015

Malas Bangun Pagi ? Ini Dia Solusi Jitu Mengatasinya !!!

Mangatasi rasa malas bangun pagi - Jika anda ditanya mengenai apa yang anda lakukan saat pertama kali membuka mata dipagi hari ? Kebanyakan mungkin akan menjawab malas beranjak bangun bangun dari kasur.

Malas Bangun Pagi ? Ini Dia Solusi Jitu Mengatasinya !!!

Bangun pagi bisa saja menjadi cobaan terberat bagi banyak orang, terlebih bagi mereka yang susah melawan rasa kantuk yang begitu hebat atau malah tidak rela membuka mata karena merasa mata nya baru saja terpejam. Alhasil kasur menjadi tempat paling nyaman di dunia dan menjadi susah untuk beranjak. So jika anda salah satunya, mungkin rasa malas bangun pagi ini bisa anda lawan dengan beberapa trik berikut ini :

1. Pertama Kali Membuka Mata, cobalah melihat sesuatu yang berwarna misalnya bunga mawar :)

“Ketika mata Anda terbuka dan melihat sesuatu yang berwarna, adrenalin akan terpicu dan seketika itu pula energi Anda akan terdorong,” ujar Leatrice Eiseman, direktur eksekutif dari Pantone Color Institute.

Gunakan warna-warna cerah seperti merah, orange atau kuning pada bantal, selimut atau apapun yang berada dekat area kasur ketika Anda membuka mata untuk pertama kalinya.

Anda juga bisa mencoba trik dari  Nancy Etcoff, PhD, anggota Harvard Medical School and the Harvard University Mind/Brain/Behavior Initiative yang mengatakan jika 
Melihat sekuntum bunga mawar ketika terbangun, terutama bagi wanita akan meningkatkan mood dan semangatnya yang akan bertahan sepanjang hari
2. Perbaiki Pola Tidur dengan Tidur 8 Jam Sehari, agar anda mendapatkan Stamina yang berkualitas keesokan harinya.
Malas Bangun Pagi ? Ini Dia Solusi Jitu Mengatasinya !!!

Para ahli kesehatan menyebutkan jika waktu tidur tidur manusia dewasa adalah 7-8 jam sehari. Waktu itu adalah waktu ideal untuk memiliki tidur yang berkualitas. Dengan memiliki tidur yang berkualitas maka tubuh akan mendapatkan banyak manfaatnya. 

Bukan hanya mendapatkan tubuh yang segar keseokan harinya namun juga sangat baik untuk menciptakan suasana hati yang tenang dan nyaman. Orang-orang yang memiliki tidur berkualitas cenderung mampau memacu kretaifitas, dapat mengontrol emosinya, serta memiliki kesempatan untuk terhindar dari stress dan depresi.

3. Agar anda memiliki kesempatan untuk segera bangun pagi, berhentilah Memencet Tombol ‘Snooze’ di Alarm Anda.

“Ketika Anda menekan tombol snooze, otak Anda tahu dan akan berkata bahwa bunyi itu akan mati beberapa menit lagi, sehingga Anda akan tertidur lebih pulas. Tapi itu juga artinya Anda akan lebih capek mendengar bunyi itu daripada ketika mendengar bunyi itu pertama kalinya.

“Strategi yang paling tepat adalah menyetel alarm pada jam dimana Anda benar-benar akan bangun, tidak usah menyetelnya lebih awal karena Anda tahu hal itu hanya akan membuat Anda lebih sering menekan tombol snooze,” ujar Jodi Mindell, PhD dari The Sleep Disorders Center at the Children’s Hospital of Philadelphia.

4. Cobalah sejenak menggambarkan apa yang anda lakukan hari ini. Gambarkan Hari Anda !!

Saat anda benar-benar terbangun, coba sejenak menutup mata anda dan coba gambarkan apa yang kiranya anda ingin lakukan dan kerjakan hari itu dengan penuh semangat dan positif. Cobalah mengimajinasikan mengenai aktivitas-aktivitas anda selanjutnya, Menurut Dana Lightman, PhD, psikolog dai Abington, PA cara ini akan merangsang otak anda berpikir dan memacu anda untuk berusaha menuwujudkannya. 

5. Jika esok anda memiliki seabrek aktivitas di pagi hari, cobalah untuk jangan tidur siang hari, biarkan tubuh anda lelah agar tidur lebih cepat di malam hari.

Malas Bangun Pagi ? Ini Dia Solusi Jitu Mengatasinya !!!

Trik ini cukup ampuh untuk membuat anda mendapatkan rasa kantuk lebih awal dari biasanya. Selain itu tentu akan membuat anda mendapatkan tidur yang lebih nyenyak. Jika anda memiliki insomnia tentu saja tidur siang sangat ttidak disarankan.

6. Ketika anda bangun pagi, yang pertama anda cari adalah segelas air putih.

Malas Bangun Pagi ? Ini Dia Solusi Jitu Mengatasinya !!!

Minum air putih sebelum tidur bisa membuat anda  bangun lebih cepat karena anda harus segera ke kamar mandi untuk buang air kecil. Dengan begini mau nggak mau anda harus segera bangkit dari tempat tidur ‘kan?

Meminum segelas air segera setelah terbangun adalah cara yang baik untuk mengganti cairan tubuh yang berkurang semalamnya. “Segala sesuatu yang terjadi di dalam tubuh memerlukan air. Tanpa air yang cukup, sistem metabolisme dalam tubuh akan bekerja lebih keras yang dapat menyebabkan melemahnya fungsi organ,” ujar Holly Andersen, MD, seorang asisten profesor di Weill Cornell Medical Center.

7. Buka Jendela Kamar anda lebar-lebar, biarkan sinar matahari masuk.

Biasanya kita akan lebih sulit tertidur ketika kamar dalam keadaan terang. Oleh sebab itu, bukalah jendela kamar anda  agar cahaya matahari di pagi hari bisa masuk ke dalam kamar. Hal ini bisa memicu anda untuk membuka mata lebih lebar dan tidak lagi bergelung di bawah selimut nyaman anda.

“Cahaya pagi yang masuk ke dalam tubuh bagaikan jam biologis yang akan menghentikan sekresi melatonin, hormon yang membuat seseorang mengantuk dan meningkatkan hormon serotonin yang memicu mood seseorang” ujar James B. Maas, PhD, seorang profesor psikologi di Cornell University.

Selain itu, membiarkan jendela kamar terbuka saat tidur berfungsi agar sirkulasi udara di dalam kamar tetap berjalan lancar.

9.  Beri Sedikit Pijatan Di Wajah.

Memijat area di sekitar wajah akan meningkatkan sirkulasi darah dan mempercepat bangun tidur. Mulailah memijat dari daerah kening, pipi, pukul-pukul dengan telapak tangan, kemudian daerah dagu dan akhirnya seluruh bagian wajah. Selain meningkatkan sirkulasi darah, gerakan memijat bisa membuat Anda berpijar dengan cepat.

10. Setelah benar-benar terbangun segera basuk muka dengan air dan segeralah mandi 

Malas Bangun Pagi ? Ini Dia Solusi Jitu Mengatasinya !!!

Saat anda sudah benar-benar terbangun dari tidur, segeralah beranjak dari tempat tidur lalu basuhlah mukadengan air. Bersihkan area wajah. anda terutama pada area sekitar mata. Membasuh wajah dengan air akan merangsang saraf pada sekitar wajah anda sehingga membuatnya jadi lebih segar dan tidak merasa ngantuk lagi.

Jika anda memang benar-benar susah untuk bangun pagi, kamu bisa meletakkan sebaskom air beserta handuk kecil di dekat tempat tidurmu. Segera setelah anda bangun di pagi hari kamu bisa meraupkan air ke wajah anda. Hal ini merupakan cara jitu agar tidak kembali memejamkan mata saat sudah terbangun di pagi hari.

11. Bermainlah Sedikit misalnya dengan olahraga ringan di dalam kamar

Untuk hal yang satu ini memang harus punya niatan dan usaha yang ekstra. Tapi olahraga adalah cara paling tepat agar setelah bangun tidur kamu bisa cepat kembali fresh lagi.

Malas Bangun Pagi ? Ini Dia Solusi Jitu Mengatasinya !!!

Anda tidak perlu olahraga terlalu berat. Cukup lakukan gerakan-gerakan senam yang simpel di dalam kamar. Atau kamu juga bisa melakukan gerakan yoga yang akan membuatmu kembali bugar. Berolahraga bisa membuat tubuh anda lebih cepat aktif kembali dan siap untuk memulai kegiatan di sisa hari

Selain olahraga ringan tadi Aktivitas fisik adalah satu cara ampuh untuk mengusir malas. “Melakukan seks di pagi hari contohnya bisa meningkatkan mood Anda karena beberapa hormon akan keluar, seperti hormon peningkat stamina (testosteron), energi (dopamin) dan ketenangan (oxytocin),” ujar Helen E. Fisher, PhD, seorang anthropolog dari Rutgers University.

12. Kopi atau segelas teh kental bisa membantu anda melawan rasa kantuk, kafeinnya bisa meringankan rasa berat di mata anda.

Biasanya saat bangun pagi, kita seringkali merasa kurang bersemangat dan sedikit pusing karena baru bangun dari tidur. Anda bisa mensiasatinya dengan minum segelas kopi atau teh kental, kandungan kafein yang ada dalam minuman itu bisa memberi energi dan menjadi solusi melawan rasa kantuk.

13. Jangan lupa untuk bersyukur, sebab anda masih bisa membuka mata pagi ini !!

Satu hal yang paling penting yang bisa membuat bangun pagi anda lebih bermakna adalah dengan tersenyum dan bersyukur atas nikmat yang Tuhan berikan, karena masih memberi kesempatan melihat dunia hari, sederhana tapi ini sangat bermakna.

Malas Bangun Pagi ? Ini Dia Solusi Jitu Mengatasinya !!!

Bangun pagi adalah salah satu kunci menentukan produktivitas, so jika anda masih malas bangun pagi, semoga tips diatas bisa menjadi solusi berharga bagi anda. Semoga bermanfaat !!!


TIPS MENARIK LAINNYA :
loading...

Related Posts

Malas Bangun Pagi ? Ini Dia Solusi Jitu Mengatasinya !!!
4/ 5
Oleh
loading...
Komentar Anda :