Tuesday, May 5, 2015

Tips dan cara ampuh mengatasi sembelit saat hamil

Tips dan cara ampuh mengatasi sembelit saat hamil - Saat hamil, banyak ibu-ibu yang sering mengeluhkan masa sembelit dan susah buang air besar. Sembelit pada dasarnya adalah masa umum pada masa kehamilan. Namun jika tidak segera diatasi secara cepat, tentunya sembelit bisa menjadi sebuah masalah yang serius. Susah buang air besar,perut terasa penuh dan tentunya memberi rasa yang kurang nyaman. 

Ada beberapa faktor bisa mengakibatkan sembelit pada saat hamil. Salah satunya adalah pertumbuhan bayi yang terkadang menekan organ tubuh termasuk usus. Selain itu saat hamil, tubuh memproduksi lebih banyak hormin dari biasanya yang bisa merelaksasi otot halus diseluruh tubuh. Hal ini berakibat pada proses makanan untuk melewati usus menjadi terhambat. Pada umumnya ibu hamil juga kurang bergerak dan beraktivitas, hal ini juga berdampak pada daya rangsang kerja usus dan pencernaan. Berikut beberapa cara mengatasi sembelit saat hamil yang bisa lakukan:

cara ampuh mengatasi sembelit saat hamil

1. Anda bisa memulainya dengan banyak mengkonsumsi makanan berserat tinggi, baik dari buah,sayuran atau biji-bijian. Serat sangat penting peranannya bagi usus,menyerap cairan dan membantu kotoran tidak mengering. Ada baiknya anda mencoba mengkonsumsi serat 25-30 gram perhari.

2. Kecukupan akan konsumsi air putih perlu anda perhatikan. Minumlah cukup air setidaknya 8 gelas sehari. Air putih memberikan manfaat untuk kecukupan cairan bagi tubuh. Selain itu kecukupan cairan tubuh akan sangat membantu pencernaan dalam mencerna makanan.

3. Cobalah untuk ke kamar kecil setelah anda makan.  Jika anda merasakan dorongan buang air besar. jangan membiasakan diri untuk menunda. Namun perlu pula menghindari mengejan terlalu kuat, saat melewatkan kotoran yang keras karena bisa menimbulkan wasir.


4. Bergerak dan tetap beraktivitas. Anda bisa melakukan nya dengan senam atau berenang agar semebelit bisa dikurangi dan membantu anda lebih sehat dan bugar. Jangan lupa untuk konsultasikan ke dokter anda agar lebih aman memilih jenis olahraga yang benar-benar sesuai dengan kondisi tubuh anda yang sedang hamil.

5. Kurangi mengkonsumsi suplemen zat besi. Hal ini kurang baik bagi kesehatan. Ada baiknya lebih memilih makanan-makanan sehat yang kaya zat besi untuk mencukupi kebiutuhan zat besi bagi tubuh anda.

Selain itu anda juga perlu memperhatikan penggunaan obat pencahar. Bagi ibu hamil mengkonsumsi obat pencahar secara sembarang tentu sangat tidak dianjurkan karena jika salah maka bisa menyebabkan kontraksi pada rahim dan menyebabkan dehidrasi. Yang paling penting adalah tetap konsultasikan pada dokter anda agar lebih cermat mengkonsumsi obat yang benar-benar aman bagi anda dan juga janin anda. 

Sembelit yang disertai dengan gejala sakit perut,diare dan mengeluarkan lendir atau darah dikategorikan sebagai sembelit yang cukup parah dan harus segera mungkin dikonsultasikan kepada dokter agar cepat ditangani.Semoga artikel mengenai tips dan cara ampuh mengatasi sembelit saat hamil yang kami sajikan kali ini bermanfaat.


TIPS MENARIK LAINNYA :
loading...

Related Posts

Tips dan cara ampuh mengatasi sembelit saat hamil
4/ 5
Oleh
loading...
Komentar Anda :