Saturday, April 18, 2015

Inilah Penyebab Kaki Bengkak Pada Ibu Hamil dan Cara Mengatasinya

Pada masa kehamilan perubahan postur tubuh merupakah hal yang wajar dan normal. Namun ada beberapa ibu hamil yang memiliki beberapa keluhan abnormal disertai keluhan kesehatan seperti menurunnya nafsu makan, berat badan yang menurun sampai pada pembengkakan bagian tubuh.

Penyebab Kaki Bengkak Pada Ibu Hamil dan Cara Mengatasinya

Salah satu pembengkakan yang tidak wajar adalah pada bagian kaki. Hal ini tentu memerlukan penanganan yang benar agar bisa cepat diatasi. Berikut penyebab kaki bengkak pada ibu hamil dan cara mengatasinya.

Penyebab Kaki Bengkak Pada Ibu Hamil

Pembengkakan kaki yang sering dialami oleh ibu hamil banyak disebabkan karena beban yang ditopang oleh kaki lebih berat pada kondisi normal atau kondisi sebelumnya. Pada kondisi seperti ini biasanya tubuh ibu hamil akan menahan setidaknya 30 % cairan lebih banyak dari sebelumnya. Dalam kondisi seperti ini pula merupakan pertanda jika rahim semakin besar dan bisa menimbun cairan dibagian kaki jauh lebih besar pula. Ketika beratnya makin besar, akan membuat pembuluh darah dan sistem sirkulasi pembuluh balik akan tersumbat dan menjadikan sirkulasi darah ke jantung juga mengalami gangguan. Namun anda tidak perlu khawatir, sebab kaki bengkak pada ibu hamil adalah hal yang wajar hanya saja jika pembengkakan kaki terbilang parah maka diperlukan penanganan yang khusus untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.


Cara Mengatasi Kaki Bengkak Pada Ibu Hamil Secara Alami

Berikut beberapa cara yang bisa ditempuh untuk mengatasi kaki bengkak pada ibu hamil yang bisa anda terapkan :

1.  Jangan membiasakan diri untuk duduk terlalu lama sepanjang hari, ada baiknya ada selingi dengan berjalan-jalan atau meluruskan kaki. Hal ini diperlukan agar sirkulasi darah bisa berjalan lancar. Cobalah untuk meregangkan kaki sambil melenturkan jari-jari kaki dan memutar pergelangan kaki agar dapat menjaga darah serta melancarkan pergerakan cairan dalam tubuh.

2. Anda bisa mengatasi kaki bengkan saat hamil dengan cara pemijatan, pijat kaki dengan minyak asitri atau yang lainnya. Dengan melakukan pemijatan ini akan meredakan rasa nyeri dan kelelahan, selain itu juga dapat memberi efek rileks bagi tubuh anda.

3. Sangat dianjurkan untuk tidur miring atau menghadap kiri dan kanan. Posisi tidur miring ini mampu mengurangi tekanan pada tubuh dan serta sangat baik untuk kinerja pembuluh darah balik. Dapat memperlancar sirkulasi darah ke jantung serta mencegah penggumpalan cairan yang menyebabkan pembengkakan. 

4. Ketika melakukan aktivitas berenang, ada baiknya untuk membiasakan diri berjalan di dasar kolam, hal ini penting karena daya apung di dalam kolam bermanfaat untuk mengangkat bayi sehingga dapat melancarkan peredaran darah.

5. Selain berenang perawatan kaki bengkak pada ibu hamil juga bisa dilakukan dengan olahraga yang teratur, jogging atau jenis olahraga lain yang dianjurkan untuk ibu hamil. Olahraga sangat penting bagi sirkulasi darah dan mengurangi penggumpalan cairan pada bagian tubuh bawah.

6. Ramuan herbal bisa menjadi pilihan untuk mengatasi kaki bengkak ibu hamil selanjutnya. Anda bisa mencoba membuat ramuan dari ketumbar. Caranya ambil dua sendok ketumbar lalu masukkan ke dalam dua gelas air. Rebus sampai mendidih hingga separuh. Setelah airnya kira-kira cukup satu gelas angkat lalu siap untuk diminum. Minum air rebusan ketumbar tadi tiga kali dalam sehari. Sebagai penambah rasa bisa juga di tambahkan sedikit susu atau gula,.

7. Cara mengatasi kaki bengkak ibu hamil yang terakhir adalah menghindari penggunaan sepatu yang kekecilan atau yang ketat, hal ini untuk menghindari agar kaki tidak tertekan dan terikat yang bisa menyebabkan terhambatnya peredaran darah.

Semoga ulasan mengenai penyebab kaki bengkak pada ibu dan cara mengatasinya yang telah kami jabarkan di atas bisa menjadi referensi yan berguna dan bermanfaat untuk anda. Jangan lewatkan artikel menarik lainnya yang mengulas tentang tips supaya tetap cantik dan awet muda ala yuni shara. Salam sehat.


TIPS MENARIK LAINNYA :
loading...

Related Posts

Inilah Penyebab Kaki Bengkak Pada Ibu Hamil dan Cara Mengatasinya
4/ 5
Oleh
loading...
Komentar Anda :