Sunday, August 7, 2016

Cuaca Ekstrim, Kemenkes Bekali Jamaah Haji Obat-obatan Pribadi

IdFamily - Perbedaan suhu dan kelembaban udara antara Indonesia dengan Arab Saudi rentan bagi calon jamaah haji. Guna mencegah hal yang tidak diinginkan, Kementerian Kesehatan membekali masing-masing dengan obat-obatan.

Cuaca Ekstrim, Kemenkes Bekali Jamaah Haji Obat-obatan Pribadi

"Kita berikan obat untuk diri sendiri, supaya bisa mengobati kalau ada masalah," kata Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan, Untung Suseno Sutarjo di Asrama Haji, Pondok Gede, Jakarta Timur, Jumat (5/8/2016).

Suhu di Kota Mekkah diperkirakan sudah mencapai 50 derajat celcius. Bahkan, antara siang dan malam pun perbedaannya sangat drastis. "Sekarang 41 derajat kalau siang, kalau malam jadi 2 derajat.

Jadi cuaca sangat ekstrem, dan angin kalau di padang pasir akan kencang. Makanya dibekali obat di dalamnya ada masker, semprotan air, obat maag, pusing. Jadi mereka bisa mengobati diri sendiri," paparnya.

Kendati masing-masing jamaah akan dibekali obat-obatan, bukan berarti petugas dari Kementerian Kesehatan lepas tangan begitu saja. Mereka sudah diperingatkan untuk langsung memberi pertolongan saat melihat jamaah yang tampak linglung.

 "Petugas PPIH kesehatan kalau menemukan jamaah yang kira-kira linglung langsung diberi obat. Memang gejalanya begitu kelihatan, langsung dikasih minum banyak dan kemudian mendinginkan badannya dengan air es ini. Kita harapkan bisa menolong dibandingkan tahun lalu yang kita kekurangan air es," tukasnya.

(ozone)

TIPS MENARIK LAINNYA :
loading...

Related Posts

Cuaca Ekstrim, Kemenkes Bekali Jamaah Haji Obat-obatan Pribadi
4/ 5
Oleh
loading...
Komentar Anda :