Sunday, August 7, 2016

7 Kandungan dan Manfaat ASI Yang Menakjubkan

IdFamily - TUMBUH kembang bayi dan kekebalan anak sangat tergantung dari pemberian ASI yang efektif. Ini karena ASI yang diberikan secara eksklusif pada bayi sejak awal kelahiran dan dilanjutkan hingga usia dua tahun seperti yang dianjurkan sangat luar biasa kandungannya.

7 Kandungan dan Manfaat ASI Yang Menakjubkan

 "ASI memenuhi gizi bayi, terutama di enam bulan pertama sejak kelahiran, dan melindungi daya tahan tubuh sehingga anak ASI lebih jarang sakit daripada anak yang nggak dikasih ASI," kata dr Falla Adinda, Dokter Laktasi slsertifikasi SELASI (Sentra Laktasi Indonesia), dalam acara World Breastfeeding Week 2016, di @america, Jakarta, Rabu (3/8/2016).

Baca juga | 4 Buah Terbaik Untuk Bayi 6 Bulan Keatas

Semua keajaiban itu bisa didapat karena ada ASI mengandung tujuh kandungan luar biasa sebagai berikut.

87,5 persen mengandung air 

ASI sebagian besar terdiri dari air. Bayi yang mendapat cukup ASI tidak perlu lagi mendapat tambahan air walaupun berada di tempat yang bersuhu panas.

Kolostrum 

Kolostrum adalah protein kekebalan yang hanya diproduksi 1-5 hari setelah melahirkan.
Terlihat kekuningan, sangat disayangkan kolostrum sering dianggap sebagai sisa kehamilan yang harus dibuang. Padahal kolostrum yang mengandung imunoglobulin A tidak tergantikan.

Karbohidrat 

Karbohidrat utama dalam ASI adalah laktosa. Karbohidrat jenis ini berfungsi sebagai energi untuk otak bayi. Selain itu, anak yang diberi ASI akan terhindar dari intoleransi seperti anak yang diberi susu formula--meskipun intoleransi di awal usia wajar karena pencernaan belum sempurna.

Protein 

Terdapat protein yang penting pada ASI yaitu whey dan kasein. Kandungan whey pada ASI lebih tinggi daripada susu formula dan kasein lebih rendah sehingga mudah dicerna. Pada ASI juga mengandung asam amino taurin yang penting untuk pertumbuhan usus. Ada juga nukleotida untuk perkembangan usus.

Baca juga | Manfaat dan Tips Mengajari Bayi Berenang

Lemak 

Kadar lemak lebih tinggi daripada susu formula ini penting untuk fungsi perkembangan otak. Pada ASI terdapat zat penting untuk otak yaitu DHA dan ARA. ASI juga mengandung asam lemak jenuh dan tak jenuh yang seimbang dibanding susu sapi yang lebih banyak lemak jenuh. Lemak ASI tidak membuat anak kegemukan karena disesuaikan dengan kebutuhan anak.

Karnitin 

Karnitin mempunyai peran membantu proses pembentukan energi yang diperlukan untuk mempertahankan metabolisme tubuh. Vitamin ASI mengandung berbagai vitamin, seperti vitamin E yang berfungsi sebagai ketahanan sel darah merah, vitamin A yang berfungsi kekebalan tubuh dan pertumbuhan, dan vitamin larut air lainnya, diikuti mineral seperti kalsium yang baik untuk perkembangan otot dan rangka.
source :okezone


TIPS MENARIK LAINNYA :
loading...

Related Posts

7 Kandungan dan Manfaat ASI Yang Menakjubkan
4/ 5
Oleh
loading...
Komentar Anda :