Tuesday, July 26, 2016

10 Ramuan Herbal Mujarab Untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Secara Alami

Penyakit tekanan darah tinggi telah menjadi salah satu masalah kesehatan terhadap orang-orang yang ada di seluruh dunia seperti Amerika Utara,Eropa dan Asia dan juga tentunya Indonesia.

Obat Herbal Untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi


Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah kondisi kronis di mana tekanan darah pada dinding arteri (pembuluh darah bersih) meningkat. Kondisi ini dikenal sebagai “pembunuh diam-diam” karena jarang memiliki gejala yang jelas. Satu-satunya cara mengetahui apakah Anda memiliki hipertensi adalah dengan mengukur tekanan darah.

Pada tulisan kami sebelumnya, telah kami sajikan mengenai bagaimana cara menurunkan tekana darah tinggi, dimana merubah gaya hidup adalah salah satu kucinya. Silahkan baca kembali artikel ini 10 Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Resiko Mengidap Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi)

Dalam berbagai penelitian menyebutkan penyakit tekanan darah tinggi sangat bersiko bagi kesehatan, Penyakit hipertensi dapat terkomplikasi dengan penyakit kronis lainnya seperti serangan jantung, ginjal, stroke dll yang tentunya jika tidak segera ditangani secara cepat akan mengancam keselamatan jiwa.

Baca juga : Cara Membuat Teh Herbal Rambut Jagung Untuk Batu Ginjal

Kasus penyakit hipertensi di Indonesia juga menunjukkan data yang cukup mencengangkan. Data yang dikeluarkan pada tahun 2013 oleh Riskesdas ( Riset kesehatan Dasar) Kementerian Kesehatan Indonesia menunjukkan jika penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi ini menjadi salah satu penyebab kematian tertinggi di Indonesia.

Data tersebut melampirkan jika penderita hipertensi telah mencapai 25,8 persen dari jumlah penduduk indonesia dengan kisaran usia diatas 18 tahun. Angka penderita hipertensi paling banyak diderita oleh kaum perempuan sebanyak 6% lebih banyak dibandingkan laki-laki.

Sedangkan yang terdiagnosis oleh tenaga kesehatan hanya mencapai sekitar 9,4 persen. Ini artinya masih banyak penderita hipertensi yang tidak terjangkau dan terdiagnosa oleh tenaga kesehatan dan tidak menjalani pengobatan sesuai anjuran tenaga kesehatan

Gejala dan Penyebab Utama Tekanan Darah Tinggi

Beberapa gejala hipertensi yang umum dialami oleh penderita darah tinggi yaitu :

  • Biasanya orang yang menderita hipertensi akan mengalami sakit kepala, pusing yang sering dirasakan akibat tekanan darahnya naik melebihi batas normal.
  • Wajah akan menjadi kemerahan.
  • Pada sebagian orang akan mengalami detak jantung yang berdebar-debar.
  • Orang yang mengalami darah tinggi akan mengalami gejala hipertensi seperti pandangan mata menjadi kabur atau menjadi tidak jelas.
  • Sering buang air kecil dan sulit berkonsentrasi.
  • Sering mudah kelelahan saat melakukan berbagai aktivitas.
  • Sering terjadi pendarah di hidung atau mimisan.
  • Gejala hipertensi yang parah bisa menyebabkan seseorang mengalami vertigo.
  • Orang yang mempunyai darah tinggi biasanya akan sensitif dan mudah marah terhadap hal-hal yang tidak dia sukai.
Penyebab tekanan darah tinggi belum bisa dipastikan pada lebih dari 90 persen kasus. Seiring bertambahnya usia, kemungkinan Anda untuk menderita hipertensi juga akan meningkat. Berikut ini adalah faktor-faktor pemicu yang diduga dapat mempengaruhi peningkatan risiko hipertensi.

  • Berusia di atas 65 tahun.
  • Mengonsumsi banyak garam.
  • Kelebihan berat badan.
  • Memiliki keluarga dengan hipertensi.
  • Kurang makan buah dan sayuran.
  • Jarang berolahraga.
  • Minum terlalu banyak kopi (atau minuman lain yang mengandung kafein).
  • Terlalu banyak mengkonsumsi minuman keras.

Risiko mengidap hipertensi dapat dikurangi dengan mengubah hal-hal di atas dan menerapkan gaya hidup yang lebih sehat. 

Untuk mengobati penyakit darah tinggi sebenarnya bisa ditangani secara alami, namun sebagai langkah antisipasi ada baiknya anda perlu tetap berkonsultasi dengan dokter.

Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Dengan Ramuan Herbal Tanaman Obat

Ramuan herbal untuk hipertensi dapat menjadi salah satu alternatif pengobatan bagi penderita tekanan darah tinggi. Berikut ini akan kami sajikan beberapa tanaman obat yang bisa anda gunakan sebagai pengobatan alami untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Secara Alami

Resep Ramuan Herbal Untuk Hipertensi #1 - Lemon

Manfaat buah lemon untuk menurunkan tekanan darah tinggi terdapat pada kandungan vitamin c yang dapat menjaga dan merenggankan pembuluh darah yang kaku. Selain itu kandungan vitamin C buah lemon merupakan antioksidan yang membantu menetralkan efek berbahaya dari radikal bebas. Mengkonsumsi buah lemon secara rutin juga akan menurunkan resiko gagal jantung

Catatan : Minum secangkir jus lemon hangat pada pagi hari saat perut masih kosong, Untuk hasil terbaik, jangan menambahkan garam atau gula.

Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Secara Alami


Resep Ramuan Herbal Untuk Hipertensi  #2 - Biji semangka

Biji semangka mengandung senyawa yang disebut cucurbocitrin, yang membantu memperlebar kapilari darah. Pada saat yang sama, itu juga membantu meningkatkan fungsi ginjal. Ini pada gilirannya mengurangi tingkat tekanan darah dan arthritis.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Florida State pada tahun 2010 menemukan jika buah semangka membantu menurunkan tekanan darah karena pengaruh vasodilatasi.

Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Secara Alami


Resep Ramuan Herbal Untuk Hipertensi  #3 - Bawang Putih

Manfaat bawang putih untuk menurunkan tekanan darah tinggi telah banyak dibuktikan dalam berbagai penelitian. Bawang putih yang telah dimasak atau yang masih dalam keadaan mentah dapat mengendalikan tekanan darah tinggi serta dapat mengurangi kadar kolesterol.

Bawang putih juga dapat merenggankan pembuluh darah yang kaku dengan merangsang produski oksidas nitrat dan hidrogen sulfida.

Anda bisa makan satu atau dua siung bawang putih setiap hari. Anda juga dapat menghancurkan bawang putih mentah menggunakan tangan sehingga dapat menciptakan hidrogen sulfida dimana senyawa ini dapat merangsang aliran darah bekerja dengan baik, dan mengurangi tekanan pada jantung.

Jika anda kurang bisa atau kiurang suka mengkonsumsi bawang putih mentah, anda bisa mencoba mengkonsumsinya dengan secangkir susu.

Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Secara Alami

Resep Ramuan Herbal Untuk Hipertensi  #4 - Pisang

Buah pisang juga dipercaya sebagai salah satu buah yang bisa menurunkan tekanan darah tinggi. Buah pisang kaya akan kalium yang merupakan senyawa yang bermanfaat untuk mengurangi efek natrium.

Cobalah untuk mengkonsumsi buah pisang secara teratur satu atau dua setiap hari. Anda bisa mengkombinasikan buah ini dengan aprikot kering,jus jeruk,bayam,ubi jalar panggang, atau melon.

Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Secara Alami

Resep Ramuan Herbal Untuk Hipertensi  #5 - Seledri

Seledri merupakan salah satu jenis sayuran yang mengandung 3-N-butylphthalide fitokimia cukup tinggi untuk membantu menurunkan hipertensi. Kandungan Phthalides dalam seledri membantu mengendurkan otot-otot di dan di sekitar dinding arteri, sehingga menciptakan lebih banyak ruang dan memungkinkan darah mengalir dalam tanpa kesulitan.

Pada saat yang sama, ini dapat membantu mengurangi hormon stres yang mengerutkan pembuluh darah, yang memberikan kontribusi untuk tekanan darah tinggi.

Cobalah untuk makan satu Tangkai seledri bersama dengan segelas air setiap hari. Jika Anda suka, Anda dapat mengunyah seledri sepanjang hari.

Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Secara Alami

Resep Ramuan Herbal Untuk Hipertensi  #6 - Air kelapa

Orang-orang dengan tekanan darah tinggi harus menjaga tubuh mereka terhidrasi dengan baik. Untuk itu sangat penting untuk mengkosumsi air minum setidaknya delapan sampai sepuluh gelas setiap hari.

Anda juga bis mencoba untuk meminum air kelapa. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan oleh West Indian Medical Journal menemukan jika air kelapa kaya akan kalium,magnesium,dan vitamin C yang merupakan senyawa penting dalam menurunkan tekanan darah.

Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Secara Alami

Resep Ramuan Herbal Untuk Hipertensi #7 - Cabe Rawit

Bagi penderita hipertensi ringan, cabe rawit dapat menjadi pengobatan alternatif untuk menurunkan tekana darah. Cabe rawit membantu melancarakan aliran darah dengan mencegah penggumpalan trombosit secara bersaman dan terakumulasi dalam darah.

Anda dapat menambahkan cabe rawit dalam menu makanan anda, sup dan lain-lain. Karena rasanya pedas ada bisa menambahkan sedikit saja.

Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Secara Alami


Resep Ramuan Herbal Untuk Hipertensi  #8 - Jus Bawang merah

Seperti halnya dengan bawang putih, bawang merah juga dapat dimanfaatkan untuk menurunkan tekanan darah tinggi/ Bawang merah kaya akan flavonol yang merupakan antioksidan penting yang disebut quercetin

Cobalah untuk makan satu bawang mentah berukuran sedang, setiap hari, atau jika anda tidak suka anda juga dapat mencampur satu setengah sendok teh jus bawang dan madu dan mengkonsumsinya dua kali sehari selama satu atau dua minggu.

Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Secara Alami

Resep Ramuan Herbal Untuk Hipertensi  #9 - Madu

Madu mempunyai efek menenangkan dan membantu mengurangi tekanan darah tinggi.

Cobalah untuk mengkosumsi  dua sendok teh madu pada perut kosong setiap pagi. Anda dapat juga mencampur satu sendok teh masing-masing jus madu dan jahe dikonsumsi dua kali sehari.

Atau anda juga bisa mencampur jus kemangi dan madu dalam takaran yang sama dan mengkonsumsinya setiap hari saat perut masih kosong.

Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Secara Alami

Resep Ramuan Herbal Untuk Hipertensi  #10 - Biji Fenugreek (halba)

Fenugreek adalah tumbuhan dari keluarga Fabaceae yang daunnya dan bijinya biasa dimanfaatkan sebagai obat herbal dan rempah. Fenugreek juga biasa disebut dengan kelabat, klabet dan juga methi. Biji henugreek merupakan salah satu rempah yang juga digunakan dalam pembuatan bumbu kari.

Biji fenugreek adalah bahan yang efektif untuk menurunkan tekanan darah tinggi karena kandungan kalium yang tinggi dan kaya akan serat.

Ambila satu atau dua sendok teh biji fenugreek kedalam air mendidih selama sekitar dua menit,kemudian saring kemudian blender dengan campuran pasta

Konsumsi pasta biji fenugreek  ini dua kali sehari, sekali di pagi hari pada perut kosong dan sekali di malam hari. Konsumsi selama dua sampai tiga bulan untuk melihat peningkatan yang signifikan dalam tingkat tekanan darah Anda.

Tambahan referensi buat anda silahkan simak video berikut ini :


Selain menggunakan obat herbal untuk pengobatan untuk tekanan darah tinggi yang telah diuaraikan diatas, sangat penting untuk mengikuti saran medis dan melakukan pemeriksaan secara teratur ke dokter.

Referensi :
http://www.top10homeremedies.com/home-remedies/home-remedies-for-high-blood-pressure.html
http://www.alodokter.com/hipertensi


TIPS MENARIK LAINNYA :
loading...

Related Posts

10 Ramuan Herbal Mujarab Untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
4/ 5
Oleh
loading...
Komentar Anda :