Saturday, February 20, 2016

Wanita Susah Hamil ? Bisa Jadi Kelainan Kongenital adalah Penyebabnya

Kelainan Kongenital salah satu penyebab kemandulan pada wanita

Apa itu Kelainan Kongenital Penyebab Kemandulan Pada wanita ?

Kelainan kongenital merupakan cacat bawaan yang bisa menyebabkan kemandulan pada wanita. Dalam laman wikipedia menyebutkan jika kelainan kongenital merupakan kelainan atau cacat bawaan dalam pertumbuhan stuktur tubuh bayi yang timbul sejak konsepsi sel telur.

Kelainan kongenital dapat merupakan sebab terjadinya abortus, lahir mati atau kematian segera lahir.
Beberapa faktor etiologi yang diduga dapat mempengaruhi terjadinya kelainan kongenital, antara lain:
a.kelainan genetik dan kromosom
b.faktor mekanik
c.faktor infeksi
d.faktor obat
e.faktor umur ibu
f.faktor hormonal
g.faktor radiasi
h.faktor gizi dan lain – lain.

Kelainan kongenital penyebab kemandulan :

1. Kelainan pada tuba falopi, biasanya berupa tidak terbentuknya saluran falopi.
2. Kelainan pada uterus.

Kita tahu, tuba falopi berperan dalam ovulasi dan pembuahan. Setiap bulan, satu buah sel telur dikeluarkan oleh salah satu indung telur.


Sel telur ini kemudian turun ke tuba falopi untuk bertemu dengan sperma dan terjadilah pembuahan. Sel telur yang sudah dibuahi ini akan meluncur dan menetap pada dinding rahim yang kemudian berkembang menjadi embrio.

Tuba falopi merupakan saluran yang sangat kecil. “Ukurannya mikron,” ujar Ferry Achmad Firdaus Mansoer, Sp.Og,MM. Ukuran yang sangat kecil bisa membuat saluran ini terganggu seperti yang dikutip dalam  situs CBN.net  pada rubrik Women’s Health

Gangguan yang paling sering adalah penyumbatan, yang kebanyakan disebabkan oleh infeksi bakteri. Selain itu bisa juga terjadi karena kelainan bawaan, seperti tidak terbentuknya tuba falopi.

Selain kelainan yang terjadi pada tuba falopi, kelainan kongenital penyebab kemandulan juga dapat terjadi bila ada kelainan pada rahim (uterus), namun angka kejadian rahim tidak normal sangat jarang terjadi, hanya sekitar 0,1% dari populasi.

Baca juga : Ketahui 8 Tanda Bahaya Pada Kehamilan

Beberapa macam kelainan pada rahim yang menjadi penyebab kemandulan :

1. Uterus Unicornis

Yaitu rahim memiliki 1 “tanduk” sehingga bentuk rahim seperti pisang. Kondisi ini dialami sekitar 65% wanita yang memiliki kelainan rahim.

2. Uterus Septus

Yaitu kelainan rahim yang sebagian atau seluruh dindingnya terbelah (seolah-olah mempunyai sekat) menjadi dua bagian. Kondisi rahim ini hanya dapat diketahui bila wanita yang bersangkutan mengalami hambatan dan gangguan kehamilan seperti sulit hamil, atau mengalami keguguran berulang.

3. Uterus Bicornis

Yaitu kelainan bentuk rahim seperti bentuk hati mempunyai dinding di bagian dalamnya dan terbagi 2 di bagian luarnya. Kelainan ini yang paling banyak ditemui dan dapat mempengaruhi kemampuan reproduksi wanita.

4. Uterus Duplex

Yaitu kelainan rahim yang memiliki “2 leher rahim”. Sebagian besar kasus ini mempunyai dinding yang memisahkan vagina menjadi 2 bagian.Wanita dengan kelainan ini tidak mengalami gejala apapun.

Selain dari kelainan kongenital dan kelainan pada rahim, ada beberapa macam penyebab wanita susah hamil anda bisa membacanya di tulisan kami yang lalu tentang : 25 Hal Penyebab Wanita Susah Hamil, Calon Ibu Wajib Baca Ini !

Semoga bermanfaat !

referensi : http://portal.cbn.net.id/cbprtl/cybermed/detail.aspx?x=Health+Woman&y=cybershopping|0|0|14|759

TIPS MENARIK LAINNYA :
loading...

Related Posts

Wanita Susah Hamil ? Bisa Jadi Kelainan Kongenital adalah Penyebabnya
4/ 5
Oleh
loading...
Komentar Anda :