Thursday, February 11, 2016

Cara Mencegah Agar Bayi Tidak Lahir Cacat, Lakukan 10 Cara Ini ya Bunda !

Cara Mencegah Agar Bayi Tidak Lahir Cacat

Kelahiran seorang bayi dengan kondisi cacat memang tidak dapat dicegah. Sejumlah kondisi seperti ini pun dapat terjadi sebelum seorang wanita mengetahui bahwa dia positif hamil.

Umumnya bayi yang mengalami cacat sejak lahir bisa mengalami beberapa kondisi yang berbeda seperti penurunan fungsi tubuh seumur hidup, penurunan produktifitas dan kehilangan kehidupan yang mandiri.

Baca juga : Kiat Agar Anak Cerdas Sejak Masih dalam Kandungan

Jenis Cacat Lahir


Cacat yang dibawa oleh bayi sejak dalam kandungan juga dikenal dengan nama cacat lahir. Bayi yang lahir bisa mengalami beberapa jenis cacat termasuk cacat untuk bagian fisik dan juga mental. Jenis atau tipe cacat lahir adalah sebagai berikut.

a. Cacat Lahir Struktural
Cacat lahir struktural adalah jenis cacat yang didapatkan bayi sejak dalam kandungan dan berhubungan langsung dengan bagian tubuh dan menghalangi bayi dalam menggunakan anggota tubuh tersebut. Beberapa jenis cacat lahir struktural adalah seperti kelainan perkembangan bibir (bibir sumbing, langit-langit sumbing), kelainan jantung pada bayi, cacat pada jari tangan dan kaki, cacat pada kaki dan tangan, kelainan spina bifida dan semua jenis cacat pada anggota tubuh.

b. Cacat Lahir Fungsional
Terkadang orang tua mengetahui bahwa calon bayi mereka cacat sejak lahir ketika menjalani pemeriksaan USG (baca : Manfaat usg kehamilan). Tentu saja ini akan menyakitkan dan membuat semua orang tua panik. Anak yang lahir cacat juga biasanya memiliki harapan hidup yang cukup kritis. Untuk mencegah cacat lahir, maka Anda bisa memahami penyebab cacat lahir berikut ini.


Cara Mencegah Agar Bayi Tidak Lahir Cacat 


Bila Anda adalah calon orangtua yang menginginkan anak yang ada di dalam kandungan terlahir dalam kondisi sehat  Berikut daftar 11 cara untuk mencegah bayi Anda lahir cacat :

1. Asupan Gizi

Gizi selama kehamilan memang sangat penting untuk ibu hamil. Gizi dari makanan yang mengandung berbagai nutrisi seperti vitamin A, vitamin B,asam folat, zat besi, protein, omega 3 dan berbagai nutrisi lain menyumbang peran penting untuk pembentukan perkembangan janin dan perkembangan selama di dalam rahim ibu. Jika seorang ibu mengalami gangguan gizi seperti kurang yodium, kurang folat, kurang vitamin A dan nutrisi lain maka bisa menyebabkan bayi terlahir cacat seperti spina bifida dan kelainan lain.

Salah satu gizi yang perlu anda pertimbangkan adalah asam folat. Untuk mencegah bayi lahir cacat, asam folat memegang peranan penting untuk itu. Asam folat mencegah terjadinya kerusakan pada otak dan sumsum tulang belakang. Asam folat dapat menurunkan risiko kelahiran cacat seperti bimbing sumbing dan cacat jantung. Bahkan asam folat juga dapat mengurangi risiko pre-eklampsia.

Sumber asam folat dapat dengan mudah ditemukan di dalam sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan dan sereal. Jika Anda merencanakan kehamilan, usahakan untuk memasukan 400 mcg asam folat setiap hari.

2.  Berhenti merokok dan hindari alkohol

Merokok selama kehamilan dapat mengakibatkan kelahiran prematur, dan bibir sumbing, bahkan kematian bayi. Tidak hanya perokok aktif, perokok pasif pun akan mengalami hal yang hampir serupa.

Selain itu alkohol juga perlu untuk di hindari selama kehamilan dan bahkan untuk seterusnya. Alkohol dalam darah akan diteruskan ke bayi melalui tali pusat. Alasan ini yang membuat ibu hamil menjauhi alkohol. Apa pun jenisnya, jangan pernah meminum segelas anggur selama kehamilan.



3. Perhatikan Kesehatan lingkungan anda

Lingkungan yang buruk bisa berasal dari berbagai sebab misalnya obat – obatan terlarang yang dikonsumsi ibu hamil, alkohol, paparan radiasi, pestisida dari makana, dan berbagai jenis obat penyakit tertentu akan meningkatkan kelahiran bayi cacat. Bahkan ibu hamil yang tinggal di lingkungan yang terkena bahan limbah seperti merkuri dan jenis logam lain maka bisa melahirkan bayi cacat dan faktor penyakit lain untuk bayi.

Oleh karena itu sebisa mungkin lakukan tindakan-tindakan sebisa mungkin untuk mengurangi paparan, misalnya menghindari sesering mungkin lokasi yang tidak sehat, selalu gunakan sarung tangan, masker, dan ventilasi yang memadai di rumah anda.

4. Lindungi diri dari infeksi

Beberapa infeksi selama kehamilan dapat membahayakan janin dan akan membuat bayi lahir dalam keadaan cacat. Cegalah infeksi dengan mencuci tangan menggunakan sabun secara teratur, masaklah daging sampai benar-benar matang, dan jagalah kebersihan tubuh secara menyeluruh.

5. Hati-hatilah Mengkonsumsi Obat

Semua orang tahu kalau obat-obatan terlarang atau narkoba selalu berakibat buruk, tidak hanya kepada wanita hamil. Namun, bagaimana dengan obat-obatan resep dokter yang biasa dikonsumsi ibu hamil?
Banyak obat resep dokter yang tidak aman untuk dikonsumsi selama kehamilan. Jadi, selalu berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum mengkonsumsi obat, terutama untuk kondisi kronis, untuk menentukan apakah obat itu aman untuk kehamilan.


6. Vaksinasi

Sejumlah vaksinasi yang aman akan direkomendasikan di masa kehamilan. Dengan vaksinasi, dapat melindungi ibu dari infeksi penyebab kelahiran cacat. Dengan vaksinasi, bayi yang lahir akan dalam kieadaan sehat.

7.  Makan Makanan Sehat

Nutrisi yang baik adalah salah satu faktor paling penting dalam kehamilan. Calon ibu dianjurkan untuk mengkonsumsi berbagai variasi makanan sehat, dengan penekanan pada buah-buahan kaya warna, biji-bijian, kacang-kacangan dan kacang polong, serta sumber protein. Selain itu juga direkomendasikan mengkonsumsi suplemen yang diperkaya dengan DHA.

8. Perhatikan Kondisi tubuh anda

Perempuan yang sedang atau ingin hamil sebaiknya berusaha untuk menjaga kesehatan dengan batasan konsumsi lemak, menurunkan jumlah kolesterol dan waspada terhadap diabetes untuk menjaga kehamilan kelak. Selain itu tidak memakai narkoba untuk menjaga sistem gen dan kromosom tetap baik

9. Carilah Konseling Genetik Apabila Diperlukan

Penyebab kebanyakan cacat lahir memang tidak diketahui, tetapi pasangan dengan riwayat cacat lahir dalam keluarga mereka dapat melakukan pemeriksaan genetik untuk menganalisis risiko mereka. Dengan pemeriksaan ini bisa dilakukan beberapa tes untuk mengatasi penyakit tertentu.

10. Periksa Apakah Anda Mengidap HPV

Human papillomavirus (HPV) memang tidak berhubungan dengan cacat lahir, akan tetapi penelitian menunjukkan bahwa HPV meningkatkan risiko persalinan prematur, yang pada akhirnya dapat mengakibatkan kelainan otak dan gangguan paru-paru pada anak-anak.

11. Konsultasi dengan dokter

Penting bagi seorang wanita yang sedang mengandung untuk merencanakan pemeriksaan secara rutin ke dokter kandung. Dengan cara ini, Anda akan mengetahui bagaimana kondisi dari bayi yang terdapat di dalam kandungan Anda.

Itulah informasi mengenai tips agar bayi tidak lahir cacat, semoga informasi ini bermanfaat, jangan lupa untuk share kepada orang-orang yang anda sayangi. Salam sehat

TIPS MENARIK LAINNYA :
loading...

Related Posts

Cara Mencegah Agar Bayi Tidak Lahir Cacat, Lakukan 10 Cara Ini ya Bunda !
4/ 5
Oleh
loading...
Komentar Anda :