Wednesday, September 9, 2015

9 Hal Yang Harus Anda Hentikan Jika Ingin Memiliki Umur Yang Panjang

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia, harapan hidup rata-rata pada saat lahir di seluruh dunia pada 2013 adalah 71 tahun. Umur manusia rata-rata telah meningkat terus selama beberapa dekade terakhir berkat kemajuan dalam bidang kedokteran.

Vaksin yang efektif dan obat-obatan telah membantu untuk meningkatkan kesehatan hidup manusia. Bahkan menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika, ilmu pengetahuan telah membantu memperpanjang rentang hidup rata-rata orang hampir tiga dekade selama abad terakhir, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC).

Jika Anda ingin memiliki hidup yang lebih sehat dan hidup lebih lama, Anda perlu memperhatikan gaya hidup dan pola makan. Inilah 9 Hal Yang Harus Anda Hentikan Jika Ingin Memiliki Umur Yang Panjang

1. Diet Yang Tidak Sehat

9 Hal Yang Harus Anda Hentikan Jika Ingin Memiliki Umur Yang Panjang

Mengkonsumsi makanan yang tidak sehat adalah faktor  yang bisa mengurangi kualitas hidup dan meningkatnya beberapa masalah kesehatan. Obesitas, diabetes tipe 2, penyakit jantung, stroke, kolesterol tinggi, demensia dan berbagai jenis kanker berkaitan erat dengan diet yang tidak sehat.
|
Bahkan, di Amerika Serikat, faktor makanan, indeks massa tubuh yang tinggi dan kurangnya aktivitas fisik menyebabkan menurunnya kondisi kesehatan tubuh, dan ini bahkan lebih besar di bandingkan faktor lain seperti alkohol atau penggunaan narkoba.

Untuk meningkatkan kesehatan Anda, buah-buahan organik dan sayuran, makanan yang kaya serat, produk gandum, produk susu rendah lemak dan lemak sehat haruslah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam program diet anda

Anda perlu pula membatasi asupan makanan olahan dan garam. Plus, menghindari kafein. Diet sehat tidak akan lengkap jika tanpa minum air dalam jumlah yang cukup sepanjang hari.


Selain itu, jangan melewatkan sarapan dan makan 3 makanan dalam porsi kecil dan serta menyisipkan beberapa cemilan yang sehat di antaranya.

2. Jarang Berolahraga / Being a Couch Potato

9 Hal Yang Harus Anda Hentikan Jika Ingin Memiliki Umur Yang Panjang

Kurangnya aktivitas fisik merupakan faktor yang paling penting yang mempengaruhi umur panjang seseorang. Sebuah studi 2015 yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition menyimpulkan bahwa kurangnya aktivitas fisik telah lama dikaitkan dengan peningkatan risiko kematian dini, dari indeks massa tubuh seseorang (BMI).

Aktivitas fisik meningkatkan kekebalan tubuh kita, meningkatkan fungsi jantung dan pernapasan, memperlambat hilangnya kekuatan otot, meningkatkan massa tulang, meningkatkan pencernaan, dan mendorong tubuh kita mendapatkan tidur yang berkualitas dan mencegah depresi.

Bahkan jika Anda sibuk, sangat penting untuk menyisihkan beberapa waktu luang anda. Hanya 30 menit untuk latihan dalam sehari, lima kali atau lebih tiap minggu, ini akan membantu memperpanjang hidup Anda.

Tidak ada salahnya berjalan selama 20 sampai 30 menit setiap hari, menikmati latihan aerobik beberapa kali seminggu  atau bahkan bisa dengan berenang, bersepeda, trekking atau olahraga lain pada akhir pekan. intinya jangan malas berolahraga.

3. Tidur yang tidak cukup

9 Hal Yang Harus Anda Hentikan Jika Ingin Memiliki Umur Yang Panjang

Jumlah waktu tidur yang Anda dapatkan setiap hari bisa mempengaruhi umur Anda. Sebuah studi 2007 yang diterbitkan dalam jurnal Sleep menunjukkan bahwa penurunan durasi tidur berhubungan dengan meningkatnya angka kematian.

Tidur kurang dari enam jam di malam hari membuat Anda lebih mungkin meninggal prematur daripada orang yang tidur hingga delapan jam.

Biasa kurang tidur menempatkan Anda pada risiko masalah kesehatan yang serius, termasuk obesitas, penyakit jantung dan diabetes. Di sisi lain, tidur malam yang baik dapat membantu menangkal stres, depresi dan penyakit jantung.


Rata-rata, orang dewasa membutuhkan sekitar delapan jam dari kualitas tidur yang baik setiap malam Sebagai aturan, jika Anda bangun dengan perasaan lelah dan mencari kesempatan untuk tidur siang, itu adalah tanda pasti bahwa Anda tidak mendapatkan cukup tidur.

Untuk membantu agar anda dapat memiliki tidur yang berkualitas anda bisa mencoba menjaga kamar tidur Anda tetap gelap dan bebas gangguan, bermeditasi, minum segelas susu hangat sebelum tidur.

4. Stress Yang Berlebihan 

9 Hal Yang Harus Anda Hentikan Jika Ingin Memiliki Umur Yang Panjang

Terlalu banyak stres dapat menurunkan kondisi kesehatan Anda dan benar-benar dapat mempersingkat hidup Anda. Stres meningkatkan hormon kortisol dalam tubuh, yang memiliki efek negatif pada jantung Anda, metabolisme dan sistem kekebalan tubuh.

Sebuah studi yang diterbitkan 2012 dalam The British Medical Journal menunjukkan hubungan antara peningkatan risiko serangan jantung atau stroke dan stres, yang meningkatkan angka kematian.

Dengan mengambil langkah-langkah untuk mengurangi stres, Anda dapat meningkatkan kesehatan Anda serta kualitas hidup. Kurang stres dan kecemasan membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mengurangi kerentanan terhadap penyakit. Bahkan mengurangi risiko depresi dan kecemasan.

Olahraga, tidur yang tepat, visualisasi dan meditasi dapat menghasilkan perubahan yang terlihat dalam menanggapi stres tubuh Anda.

5. Merokok

9 Hal Yang Harus Anda Hentikan Jika Ingin Memiliki Umur Yang Panjang

Jika Anda seorang perokok, berhentilah merokok mulai dari sekarang agar anda bisa memiliki umur yang lebih panjang. berhenti Merokok bahkan ikut membantu meningkatkan kemungkinan hidup yang bebas penyakit.

Asap rokok mengandung lebih dari 1.000 bahan kimia yang berbahaya bagi perokok maupun yang terkena asap. Bahan kimia ini dapat menyebabkan kanker paru-paru, penyakit jantung, masalah kulit, bronkitis kronis, gangguan gigi dan mempercepat penuaan.


6. Alkohol dan Penyalahgunaan Obat-obatan

9 Hal Yang Harus Anda Hentikan Jika Ingin Memiliki Umur Yang Panjang

Cara lain untuk meningkatkan rentang hidup Anda adalah untuk menjauhi alkohol dan penyalah gunaan obat-obatan

Orang yang cenderung menggunakan obat keras untuk berbagai alasan, seperti untuk bersenang-senang, bersantai, melawan depresi, mendapatkan kepercayaan, melarikan diri dari kenyataan, menghilangkan kebosanan dan stres, dan bahkan sebagai pengobatan sendiri untuk mengatasi masalah.

Penyalahgunaan obat keras bisa berbahaya bagi kesehatan Anda baik dalam jangka pendek dan jangka panjang, bahkan ini bisa menyebabkan kecanduan. Beberapa obat keras yang mungkin dikonsumsi mengandung berbagai bahan kimia mencakup heroin, kokain, methamphetamine dll.

Serupa dengan obat keras, Alkohol dapat menyebabkan masalah kesehatan, seperti penyakit liver, masalah pencernaan, masalah jantung, komplikasi diabetes dan sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Kecanduan narkoba dan alkohol berhubungan dengan berbagai kasus mengerikan yang terkait dengan kecelakaan, penyerangan, pernikahan yang gagal, meningkatnya kejahatan dan bunuh diri.

Untuk melawan kecanduan ini rehabilitasi jelas sangat diperlukan.

7. Mengabaikan Kebersihan Mulut

9 Hal Yang Harus Anda Hentikan Jika Ingin Memiliki Umur Yang Panjang

Kebersihan mulut sangat penting untuk mencegah kerusakan gigi, mulut kering, sakit gigi dan gusi. Ini juga mendukung kesehatan Anda secara keseluruhan dengan menghilangkan bakteri berbahaya dari mulut Anda.

Bakteri mulut meningkatkan risiko penyakit jantung, penyakit ginjal, stroke, diabetes, penyakit Alzheimer dan beberapa bentuk kanker.

Penyakit gusi adalah kondisi kronis yang paling umum mendukukui peringkat keenam di dunia, yang mempengaruhi lebih dari 743.000.000 orang akibat menderita penyakit periodontal.


Dengan menjaga kebersihan mulut, Anda dapat mencegah penyakit gusi dan masalah mulut lainnya dan dengan demikian dapat meningkatkan umur panjang Anda.

Sikat gigi Anda dua kali sehari, bilas dengan obat kumur antiseptik dua kali sehari dan check-up  ke dokter gigi setiap enam bulan sekali

Hindari mulut kering dengan mengunyah permen karet tanpa gula dan minum banyak air. Selain itu, hindari minuman minuman yang mengandung kadar gula terlalu tinggi

8. Mengabaikan Paparan Sinar Matahari

Hubungan antara paparan sinar matahari yang berlebihan dan peningkatan risiko kanker kulit telah menyebabkan banyak orang cenderung menghindari matahari sepenuhnya. Tapi mengabaikan paparan seinar matahari sepenuhnya justru berdampak negatif dan dapat mempengaruhi kesehatan Anda.

Paparan sinar matahari merangsang produksi vitamin D dalam tubuh. Kekurangan vitamin D merupakan faktor risiko utama untuk berbagai jenis kanker, penyakit jantung, stroke, hipertensi, penyakit autoimun, diabetes tipe 2, depresi, cacat lahir, penyakit menular dan masih banyak lagi.

Sebuah studi 2011 yang diterbitkan dalam jurnal Cancer Epidemiology, Biomarkers & Prevention menyimpulkan bahwa paparan sinar matahari yang normal membantu mengurangi risiko penyakit yang berhubungan dengan kardiovaskular.

Paparansinar matahari yang paling baik adalah pagi hari selama 10 sampai 15 menit (tanpa tabir surya). Namun hindari sinar matahari langsung selama jam sibuk (10:00-04:00).

9. Pikiran Negatif

9 Hal Yang Harus Anda Hentikan Jika Ingin Memiliki Umur Yang Panjang

Pikiran negatif membatasi potensi dalam diri anda untuk mencapai harapan dan tujuan hidup anda. Pikiran negatif juga memiliki efek yang merugikan pada kesehatan Anda dengan meningkatkan tingkat stres Anda.

Efek lain dari berpikir negatif adalah meningkatnya emosi dan kemarahan, frustrasi, kecemasan dan depresi. Selain itu, keadaan emosi yang negatif dapat menyebabkan gangguan makan mulai dari makan berlebihan sampai kurangnya nafsu makan

Untuk itu selalulh berpikir positif agar dapat menemukan tujuan dalam hidup Anda. Ini akan membantu Anda merasa lebih baik ,meningkatkan produktivitas,mengurangi stres dan akhirnya membantu Anda hidup lebih lama. Hal ini juga membantu Anda mengembangkan hubungan yang sehat.

Teruslah bersyukur atas segala nikmat yang diberikan oleh Yang Maha Kuasa, Membantu sesama mengelilingi diri Anda dengan orang-orang yang positif.


TIPS MENARIK LAINNYA :
loading...

Related Posts

9 Hal Yang Harus Anda Hentikan Jika Ingin Memiliki Umur Yang Panjang
4/ 5
Oleh
loading...
Komentar Anda :