Wednesday, August 26, 2015

Tidur Nyenyak Dapat Merubah Hidup Anda ! Berikut Cara Mendapatkan Tidur Berkualitas

Jika anda mencari sedikit peningkatan kebahagiaan, mungkin cara paling sederhana adalah bagaimana mendapatkan tidur nyenyak dan berkualitas

Cara Mendapatkan Tidur Berkualitas

Secara teknis Fase Tidur adalah waktu yang paling restoratif untuk tubuh anda. Saat anda tertidur, 70-90 menit awal sejak anda tertidur adalah waktu dimana aliran darah diambil dari otak anda dan mengalirkannya keseluruh organ tubuh anda, jaringan.otot untuk menyembuhkan dan memperbaiki sel-sel tubuh anda.

Ada banyak diantara kita yang tidak tidak tahu adalah jika fase tidur nyenyak sangat bermanfaat untuk memperkuat pikiran.

Tidur nyenyak akan meningkatkan fungsi otak dan meningkatkan kekuatan otak kita.Ini berarti bahwa tidur yang lebih baik (apalagi dibarengi dengan bermimpi) dapat membantu otak bekerja lebih cerdas dan lebih efisien. Hal ini tentunya dapat memungkinkan kita lebih banyak waktu untuk memikirkan dan melakukan apa yang benar-benar membuat kita bahagia.

Baca juga : 

Penelitian yang dilakukan oleh Ulrich Wagner menunjukkan bahwa bermimpi membantu kita  lebih banyak terkoneksi dengan sinapsis di otak kita. Setelah koneksi ini ditetapkan, mereka membantu untuk memasukkan informasi baru ke dalam pengalaman yang ada. ini juga akan menciptakan ragam  pengetahuan yang lebih dalam untuk otak kita dengan meningkatkan kemampuannya dalam pemecahan masalah yang kerap kita hadapi.

Tidur yang nyenyak juga memberikan keuntungan lain sebab kita akan memiliki lebih sedikit kecemasan dan menekan stres Hal ini dimungkinkan sebab kita memiliki alat mental yang terlatih untuk menghadapi setiap tantangan.

Dengan alat pengolahan yang lebih baik, Anda benar-benar meningkatkan potensi Anda untuk kebahagiaan - membuka pintu bagi Anda untuk membawa lebih dari siapa dan apa yang Anda ke dunia dengan cara yang lebih inovatif.

Pertanyaanya, bagaimana cara memiliki tidur yang nyenyak dan berkualitas itu ? Tips berikut ini mungkin bisa membantu anda :

1. Jauhi Ponsel Anda 40 Menit Sebelum Tidur

Cara Mendapatkan Tidur Nyenyak dan Berkualitas

Anda mungkin tahu lampu biru yang mengalir pada ponsel anda bukan ? Cahaya biru itu merangsang otak anda dan melepaskannya dari ritme sirkadian.

Ritme sirkadian sendiri  adalah siklus 24 jam dalam proses fisiologis makhluk hidup, termasuk tumbuhan, hewan, jamur dan sianobakteria. Ritme sirkadian penting untuk menentukan pola tidur dan pola makan semua hewan, termasuk manusia. Ada pola yang jelas dari aktivitas gelombang otak, produksi hormon, regenerasi sel dan kegiatan biologis lainnya yang terkait dengan siklus harian.

Ritme sirkadian ini berpengaruh terhadap perubahan struktur kimia, interaksi sel - sel tubuh  dan fungsi organ tubuh setiap hari.

Mengapa hal ini bisa terjadi ? Cahaya biru dari perangkat elektronik mampu mengirim sinyal ke otak Anda untuk selalu terjaga.. Bahkan cahaya terang ini bisa berpengaruh kuat dan berhenti diotak anda dan melepaskan melatonin dalam aliran darah.

Kondisi ini akan memudarkan kemampuan tubuh untuk bisa "jatuh" ke dalam tidur yang nyenyak.

Daripada anda menggunakan ponsel untuk menunggu rasa kantuk anda, buku atau majalah bisa membuat anda bersantai tanpa menggangu ritem sirkadian anda.

2. Aromaterapi dari minyak esensial (lavender & chamomile).

Cara Mendapatkan Tidur Nyenyak dan Berkualitas

Dalam prinsip-prinsip aromaterapi, lavender dan chamomile memiliki efek santai dan menenangkan pada tubuh. 

Cara yang baik untuk menggunakan minyak ini adalah dengan menyemprotkannya dalam kamar tidur anda. Aroma dari minyak esensial ini bisa memberikan efek menenangkan pada tubuh dan pikiran.

Aromatherapy adalah, cara alami yang bagus untuk bersantai dan menciptakan ruang untuk relaksasi untuk membawa pikiran anda nyaman dan tenang untuk menyambut kualitas tidur yang baik.

3. Penutup Mata

Cara Mendapatkan Tidur Berkualitas


Tahukan anda jika otak membutuhkan jumlah yang cukup  dari melatonin kimia untuk tertidur pulas.

Melatonin lebih mudah dilepaskan ke dalam aliran darah Anda ketika tubuh Anda dalam pengaturan gelap. Penutup mata bisa menjadi solusi sederhana untuk menangkal setiap cahaya berlebih ke mata anda.

Jangan lupa mematikan atau meredupkan cahaya kamar. Ini akan membantu anda menimalisir cahaya 

4. Ciptakan Lingkungan Tidur Yang Nyaman

Jika anda seringkali terbangun hanya untuk mematikan AC atau kipas angin karena kedinginan, hal tersebut jelas sangat mempengaruhi kualitas tidur anda. Aturlah timer pada AC / kipas angin tersebut atau jika tidak terdapat timer, pastikan anda menyelimuti diri anda sebelum tidur sehingga anda tidak terbangun di tengah malam untuk mematikan AC atau kipas angin.

Satu hal yang perlu anda perhatikan adalah Kasur anda.

Apakah kasur anda sudah terlalu tua untuk anda gunakan? 

Apakah pada bagian tengahnya sudah lebih kempis dibandingkan sisi-sisinya? 

Jika demikian, saya sarankan anda untuk menggantinya dengan yang baru, yang akan menopang tubuh anda lebih baik sehingga anda merasa jauh lebih nyaman selama tidur.
Hal ini biasanya terjadi pada kasur yang berisikan kapuk. Model ‘spring bed’ jarang sekali terjadi.

5. Hindari Alkohol, Nikotin dan Kafein

Jangan mengonsumsi nikotin, kafein atau alkohol 4-6 jam sebelum tidur
Ketiganya adalah zat yang menstimulasi tubuh untuk tetap terjaga. Jadi, jauhkan semuanya itu.

Akan lebih baik jika anda anda mengkonsumsi makanan - makanan yang kaya melatonin dan tryptophan. Makanan ini akan membantu Anda mencapai kondisi tidur yang nyenyak.

Mengapa? Penelitian menunjukkan bahwa peningkatan asupan melatonin membantu mengembalikan ritme sirkadian Anda, yang pada akhirnya membantu menormalkan dan memperdalam tidur fase tidur Anda (di mana sebagian besar bermimpi Anda berlangsung).

Sementera asupan triptofan, juga bagus untuk meningkatkan fase tidur anda karena tryptophan pada akhirnya diubah menjadi melatonin. 

Apa yang harus makan untuk tidur lebih dalam dan lebih nyenyak ? anda bisa mencoba makanan-makanan ini :
  • Biji labu
  • Biji bunga poppy
  • Biji rami
  • ceri
  • pisang, atau
  • telur
6. Jam sinar matahari sebagai jam biologis tubuh

Segera setelah bangun, pergi keluar dan biarkan sinar matahari menghampiri tubuh sekurang-kurangnya 15 menit.  Ini berguna untuk memberitahu tubuh bahwa sudah saatnya bangun. Dan akan menjadi kebiasaan biologis tubuh dengan sendirinya.

Perlu diingat bahwa tidur bukanlah soal kuantitas, tapi kualitasnya yang perlu diperhatikan. Yang paling baik adalah tidur di malam hari dan bangun di pagi hari dengan estimasi normal 6-8 jam per hari.

Dengan membaiknya jam tidur, kita pasti akan merasa lebih sehat dan tidak mudah terserang penyakit. Tidur nyenyak yang teratur serta berkualitas akan membuat kita panjang umur dan awet muda

Semoga tips cara mendapatkan tidur nyenyak dan berkualitas dalam tulisan ini bermanfaat. Cukup sekian. Dream on....dreamer !!


TIPS MENARIK LAINNYA :
loading...

Related Posts

Tidur Nyenyak Dapat Merubah Hidup Anda ! Berikut Cara Mendapatkan Tidur Berkualitas
4/ 5
Oleh
loading...
Komentar Anda :