Tuesday, July 7, 2015

Temuan Baru, Pembalut dan Pantyliner Mengandung Zat Berbahaya

Banyak Merek Pembalut dan Pantyliner Mengandung Zat Berbahaya, setidaknya itulah temuan baru yang dilakukan oleh Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia. Menurut yayasan untuk perlidungan konsumen itu setidaknya terdapar kandungan klorin dari 9 merek pembalut dan 7 merek pantyliner yang banyak di jual di pasaran saat ini. Bahan klorin yang terdapat dalam kedua produk itu bahkan bisa memicu iritasi dan kanker.

Merek Pembalut dan Pantyliner Mengandung Zat Berbahaya

Menurut Ilyani S.Adang salah satu pengurus harian YLKI, 9 merek pembalut dan 7 merek pantyliner tersebut mengandung klorin 5-55ppm(part per million).  Untuk kategori pembalut, kandungan klorin yang paling banyak ditemukan pada merek CHARM produksi PT Uni-Charm Indonesia dengan kandungan klorin dengan kadar 54,73 ppm. Sedangkan untuk pantyliner, kandungan klorin terbanyak di temukan pada produk bermerak V Class hasil produksi PT Softex Indonesia dengan kadar 14,68 ppm.

Pengujian mengenai Pembalut dan pantyliner yang mengandung zat berbahaya itu di lakukan di laboratorium independen yang terakreditasi dengan mengambil sampel dari beberepa toko dan mini market untuk di selanjutnya di lakukan penelitian sejak Desember 2014 sampai Januari 2015.

Tindakan selanjutnya, YLKI mengakui jika telah mengirimkan temuan ini ke para produsen. Dari berbagai tanggapan yang masuk di kantor YLKI, sebagian pihak produsen mengakui tidak tahu karena bahan yang di gunakan merupakan bahan Impor.

Salah satu produsen, PT Softex Indonesia bahkan telah melakukan pengujian ulang pada produk Softex Deluxe Maxi Wing dan Softex Ultra Maxi Wing. Dari hasil pengujian memberikan hasil yang negatif. Sementara pihak produsen lain PT KAO menurunt YLKI belum memberikan konfirmasi mengenai hasil temuan ini.

Meskipun demikian temuan YLKI mengenai penggunaan kronin di pembalut dan pantyliner ini perlu mendapatkan perhatian khusus, utamaya bagi para wanita sebagai konsumen utama kedua produk ini. 

Lebih lanjut beberapa merek pembalut dan pantyliner yang di klaim mengandung zat berbahaya ini menurut YLKI adalah sbb :

Kategori Pembalut:

1. CHARM, PT Uni Charm Indonesia, klorin 54,73 ppm 
2. Nina Anion, PT Panca Talentamas, klorin 39,2 ppm
3. My Lady, PT Sehat Anugerah Perhasa, klorin 24,44 ppm
4. VClass Ultra, PT Softex Indonesia, klorin 17,74 ppm
5. Kotex, PT Kimberly Clark Indonesia, klorin 8,23 ppm
6. Hers Protex, PT Multi Duta Utari, klorin 7,93 ppm 
7. LAURIER, PT KAO Indonesia, klorin 7,77 ppm
8. Softex, PT Softex Indonesia, klorin 7,3 ppm
9. Sotness Standard Jumbo Pack, klorin 6,05 ppm

Kategori Pantyliner:

1. V Class, PT Softex Indonesia, klorin 14,68 ppm
2. Pure Style, PT Uni Charm Indonesia, klorin 10,22 ppm
3. My Lady, PT Sehat Anugerah Perkasa, klorin 9,76 ppm
4. KOTEX Fresh Liners, PT Kimberly Clark Indonesia, klorin 9,66 ppm
5. Softness Panty Shields, PT Softness Indonesia Indah, klorin 9,00 ppm
6. CareFree superdry, Johnson & Johnson Indonesia, klorin 7,58 ppm
7. LAURIER Active Fit, PT KAO Indonesia, klorin 5,87 ppm

Sumber : health.detik[dot]com


TIPS MENARIK LAINNYA :
loading...

Related Posts

Temuan Baru, Pembalut dan Pantyliner Mengandung Zat Berbahaya
4/ 5
Oleh
loading...
Komentar Anda :