Saturday, March 28, 2015

Sekilas Tentang Meningitis, Penyakit Yang Merenggut Nyawa Olga Syaputra

Kabar duka meninggalnya komedian Olga Syaputra sontak membuat geger publik tanah air. Olga Syaputra menghembuskan nafas terakhirnya di rumah sakit Mount Eisabeth Singapura akibat penyakit meningitis atau radang otak yang dideritanya sejak April 2014.

Sekilas Tentang Meningitis, Penyakit Yang Merenggut Nyawa Olga Syaputra
Virus Meningits (pixgood.com)
Menyangkut penyakit meningitis yang diderita Olga Syaputra dari laman wikipedia menjelasakan jika meningitis merupakan radang pada membran pelindung yang menyelubungi otak dan sumsum tulang belakang yang secara kesatuan disebut meningen.

Penyakit menigitis ini disebabkan oleh dua mikroorganisme utama yaitu bakteri dan virus. Ada beberapa bakteri yang bisa menyebabkan meningitis yaitu Nisseria meningitidis yang dikenal sebagai bakteri meningokukus, Streptococcus pneumoniae, dan bakteri Haemophilus influenza tipe B (Hib), Escherichia coli (E.Coli),listeria dan TB atau jenis bakteri yang lebih jarang menyebabkan meningitis.

Sedangkan meningitis yang disebabkan oleh virus pada manusia disebabkan oleh beberapa virus yang masuk dan bergerak menuju meninges atau selaput pelindung otak dan saraf tulang belakang. Ketika telah sampai di meninges, virus inilah yang menyebabkan peradangan pada otak. Dari kasus yang diderita Olga Syaputra nampaknya penyakitnya disebabkan oleh virus ini. Jenis virus yang menyebabkan meningitis itu sendiri terdiri atas Enteroviruses yang bisa menyebabkan infeksi pada perut. Virus herpes simplex,Virus cacar air, Virus campak dan Virus influenza.




Seorang yang menderita penyakit meningitis biasanya memperlihatkan gelaja sakit kepala, leher kaku,demam,kebingungan atau perubahan kesadaran, muntah, peka pada cahaya (fotofobia), peka terhadap suara (fonofobia). 

Kasus penyakit meningitis di Indonesia. sebenarnya jarang terdeteksi hal ini karena kasus meningitis sering dsangka sebagai penyakit atau infeksi lain. Namun melihat akibatnya nampaknya kita perlu mewaspadai jenis penyakit ini.

Olga Syaputra menjadi salah satu korban dari keganansan penyakit meningitis. Untuk itu sebagai langkah pencegahan dari penyakit ini bisa dengan melakukan hal-hal yang sederhana seperti :

1. Membiasakan diri mencuci tangan
2. Menerapakan pola hidup sehat dan higienis
3. Menutup Mulut saat bersin dan batuk
4. Bagi ibu hamil, selektiflah memilih asupan makanan

Olga Syaputra lahir pada 8 Februari 1983 dan menghembuskan nafas terakhirnya pada tangga 27 Maret 2015 tepat di usia 32 tahun. Kita pastinya akan merasa kehilangan akan sosok Olga yang lucu dan kocak. RIP Olga Semoga Allah memberi tempat disisiNya yang paling agung.

Semoga artikel ini bermanfaat dan memberi kita banyak pelajaran. Salam Sehat.


TIPS MENARIK LAINNYA :
loading...

Related Posts

Sekilas Tentang Meningitis, Penyakit Yang Merenggut Nyawa Olga Syaputra
4/ 5
Oleh
loading...
Komentar Anda :