Thursday, September 24, 2015

Tips Sehat dan Aman Mengkonsumsi Daging Kambing Di Hari Raya

Tips Sehat dan Aman Mengkonsumsi Daging Kambing Di Hari Raya - Hari raya Idul Adha adalah sebah momen besar bagi umat muslim yang memiliki makna kebersaaman dan dan kesempatan bagi sejumlah muslim untuk menikmati hidangan daging kambing ataupun sapi.

Di hari raya Idul Adha, aneka macam sajian makanan yang diolah dari daging kambing dan sapi memang menjadi makanan paling favorit baik yang diolah dengan dipanggang,digulai atau bahkan dibuat steak.

Daging kambing termasuk juga daging sapi yang akan menjadi santapan utama Hari Raya Kurban mengandung zat gizi yang memang kita butuhkan salah satunya adalah khasiatnya untuk mengobati tekanan darah rendah.

Namun daging kambing dan sapi tentu juga akan memberikan efek buruk terhadap kesehatan jika dikonsumsi secara berlebihan. Lemak hewani biasanya mengandung lemak jenuh. Lemak jenuh ini banyak mengandung LDL lemak jahat yang bisa menumpuk pada dinding pembuluh darah kita.

Oleh karena itu agar terhindari dari masalah kesehatan saat usai mengkonsumsi daging kambing atau daging sapi, berikut beberapa tips yang bisa dilakukan :

1. Memilih Olahan Daging yang tepat

Tips Sehat dan Aman Mengkonsumsi Daging Kambing Di Hari Raya

Ada baiknya untuk mengkonsumsi daging kambing atau daging sapi yang diolah menjadi sate atau sup. Hindari daging kambing dan sapi yang digulai.

daging kambing yang dibuat menjadi sate memiliki jumlah lemak yang lebih sedikit karena proses pembakaran dan penggunaan bumbu rempah yang dicampur bisa menetralisir kadar lemak yang berlebih. Sementara bila dibuat sup, jumlah kalorinya lebih sedikit karena adanya tambahan air dan sayuran.

2.  Imbangi banyak makan buah dan sayur 


Tips Sehat dan Aman Mengkonsumsi Daging Kambing Di Hari Raya

Mengimbangi konsumsi daging kambing dengan buah dan sayuran dimaksudkan untuk mengurangi efek samping dari makan daging berlebihan. Beberapa jenis sayuran seperti kubis, tomat, mentimun, wortel, dan kemangi bisa jadi pilihan yang terbaik,  Buah-buahan juga bisa mengimbangi jumlah kalori yang masuk sehingga bisa menyeimbangkan kadar kolesterol.

3. Kurangi makanan berlemak lain

Sebaiknya Anda hindari makanan yang manis dan juga berlemak, seperti sirup manis, kue tart, dan  mengonsumsi cokelat dan keju selama sedang mengonsumsi banyak makan daging.
Hal ini diperlukan agar lemak dan kalori dalam tubuh tidak meningkat secara berlebihan

4. Pilih Minuman Yang Tepat

Tips Sehat dan Aman Mengkonsumsi Daging Kambing Di Hari Raya

Minum air hangat bisa menjadi pilihan terbaik.  Ada baiknya pula sehabis makan dengan daging kambing atau sapi tidak mengonsumsi minuman berkalori tinggi seperti teh manis atau sirup.

Jus jeruk yang hangat lebih bagus karena bisa membantu membersihkan kerongkongan. Jangan lupa untuk Minum yang cukup 8-10 gelas sehari untuk mencegah sembelit.

5. Tetap melakukan olah raga ringan selama masa Hari Raya Idul Adha.

Melakukan olahraga ringan akan bisa membantu mengurangi kadan kalori dan lemak dalam tubuh setelah makan daging kambing. Anda bisa coba lakukan olahraga ringan seperti bersepeda atau lari-lari kecil.

Bagiamana dengan orang-orang yang punya riwayat hipertensi?

Jika anda memiliki riwayat tekanan darah tinggi atau hipertensi, Sebaiknya Anda jauhkan pikiran untuk makan daging kambing. Pasalnya, daging kambing dipercaya bisa menyebabkan meningkatnya tekanan darah secara drastis.

Semoga tips sehat dan aman mengkonsumsi daging kambing di hari raya ini bermanfaat. Salam sehat

Sumber : cnnindonesia.com dan tribunnews.com


TIPS MENARIK LAINNYA :
loading...

Related Posts

Tips Sehat dan Aman Mengkonsumsi Daging Kambing Di Hari Raya
4/ 5
Oleh
loading...
Komentar Anda :