Saturday, May 16, 2015

9 Cara Detox Alami Untuk Tubuh Agar Makin Sehat

Menurunnya kualitas kesehatan tubuh selalu disertai dengan beberapa penurunan fungsi organ. Salah satu faktor yang bisa mengakibatkannya adalah kebiasaan mengasup makanan tanpa memperhatikan kandungan gizi yang terdapat di dalamnya.

Oleh karena itu perlu kiranya kita melakukan pembersihan tubuh untuk mengeluarkan racun dan toksin dalam tubuh minimal setahun sekali. 9 cara detox alami untuk tubuh agar makin sehat berikut sekiranya bisa menjadi sebuah referensi berharga bagi anda yang senantiasa menjaga kualitas hidup yang sehat.
Cara Detox Alami

Dalam buku The Doctor's Detox Diet karya ahli gizi Christine Gerbsatdt memberikan beberapa penjelasan tentang bagaimana cara detoks tubuh yang sehat dan efektif yang bisa membantu anda mengeluarkan racun atau toksin dalam tubuh, berikut pemaparannya.

1. Perhatikan Kecukupan Cairan

Kecukupan cairan bagi tubuh sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kebugaran. Air putih merupakan sumber penyuplai cairan paling sehat. Manfaat air putih sangat banyak karena bisa membersihkan beberapa organ penting seperti ginjal,liver.limfa dan usus agar bisa bekerja secara maksimal.
Sangat disarankan untuk memenuhi kecukupan cairan bagi tubuh dengan minum air putih minimal 3 liter setiap hari dan bisa anda tambah dengan satu atau dua cangkir teh.

Untuk memastikan apakah tubuh kita sudah cukup akan cairan bisa dilakukan dengan sederhana, yaitu buang air kecil tiap beberapa jam sekali dengan urine yang tidak pekat.

2. Sarapan Yang Sehat

Jika selama ini anda selalu melewatkan waktu untuk sarapan, sebaiknya mulailah mengubah kebiasaan itu. Sarapan sangat penting bagi tubuh akan ketersediaan energi. Sarapan yang sehat akan memberikan kecukupan energi bagi tubuh dan membuat kita tidak gampang lelah menjalani aktivitas sepanjang hari. Anda bisa memulai hari dengan mengkonsumsi sarapan sehat seperti roti gandum,oatmeal atau telur orak-arik.

3. Kurangi Asupan Kalori

Mengurangi jumlah asupan kalori bukan berarti mengurangi kebutuhan energi bagi tubuh. Hal ini juga sangat penting, mengurangi kalori 1.200 kalori, akan membuat tubuh membakar otot bukannya lemak. Nah jika selama ini anda mengkosumsi kalori 1800 kalori, kali ini kurangi sedikit menjadi 1400-1600 kalori.

4. Kecukupan Protein 

Protein juga sangat bermanfaat untuk sumber energi. Protein juga sangat penting perannya untuk metabolisme tubuh. Nah untuk menambah asupan energi bagi tubuh anda bisa menambahkan menu protein tanpa lemak dalam sajian makanan anda, pilih sumber protein sehat seperti ikan, ayam tanpa kulit dan juga protein nabati dari kacang-kacangan.

5. Konsumsi Banyak Sayuran

Menjelang makan siang atau makan malam, ada baiknya untuk mempertimbangkan memperbanyak makan sayuran. Anda bisa mencoba memblender beberapa jenis sayuran dengan kombinasi putih telur dan yoghurt plain sebagai penambah rasa manis dan protein. Kombinasi sehat ini tentu memberikan kecukupan vitamin,minerl, fitokemikal dan juga antioksidan bagi tubuh.

Satu porsi menu diatas setidaknya memberikan 300 kalori, so untuk mendapatkan hasil yang maksimal anda perlu membuat dan meminumnya 2-3 kali sehari.

6. Makanan yang Harus di Hindari

Untuk mendapatkan hasil detoks tubuh alami yang maksimal kita juga perlu menghidari beberapa makanan yang banyak mengandung gula yang disaring,tepung dan nasi, daging tinggi lemak dan juga susu tinggi lemak.

Minuman lain yang harus dihindari adalah semua jenis soda dan alkohol. Hal ini penting diperhatikan agar proses detoksifikasi tubuh semakin lancar dan bekerja dengan optimal.


7. Biji-bijian

Dr Gerbstadt mengatakan walaupun sekarang sedang trend pola makan bebas gluten, namun makanan biji-bijian juga sangat membantu proses detoks dalam mengeluarkkan toksin dalam tubuh. Selain itu biji-bijian juga bermanfaat sebagai pengobatan menurunkan kolsterol.

8. Perbanyak Bergerak

Memperbanyak bergerak sangat penting peranannya untuk menjaga sirkulasi darah dan membantu proses pengeluran racun dalam tubuh. Mungkin anda merasa kurang bertenaga untuk melakukan olahraga. Namun tidak perlu melakukan olahraga berat, olahraga ringan seperti jogging,atau bersepeda sudah cukup membantu tubuh anda bergerak secara aktif.

9. Istirahat yang cukup

cara detox alami untuk tubuh agar makin sehat yang terakhir adalah istirahat yang cukup . Dengan istirahat yang cukup akan sangat penting untuk mengembalikan energi dan mengistirahatkan tubuh setelah aktivitas seharian. Dalam kondisi istirahat maka metabolisme tubuh akan bekerja lebih maksimal sehingga proses pengeluaran racun atau toksin juga semakin optimal.


TIPS MENARIK LAINNYA :
loading...

Related Posts

9 Cara Detox Alami Untuk Tubuh Agar Makin Sehat
4/ 5
Oleh
loading...
Komentar Anda :