Thursday, June 4, 2015

Manfaat Ajaib Puasa Untuk Meningkatkan Kesehatan Jantung

Wah bentar lagi puasa nih. Sudah pada siap belum? Nah berkaitan dengan puasa. Tulisan kali akan mengulas berbagai manfaat puasa bagi kesehatan. Salah satunya adalah untuk kesehatan jantung.

Manfaat Puasa Untuk Meningkatkan Kesehatan Jantung

Ibadah puasa adalah sebuah ibadah yang unik. Bagi Umat Muslimin ibadah puasa adalah wajib hukumnya. Puasa adalah menahan makan dan minum, serta hawa nafsu dimulai dari sebelum fajar hingga matahari terbenam. Ibadah puasa sungguh memberikan dampak yang besar terhadap kesehatan sebab dengan ibadah puasa maka kita akan memberikan banyak waktu untuk organ pencernaan bahkan organ penting lainnya untuk beristirahat setelah bekerja keras sepanjang tahun.

Lalu apa manfaat puasa terhadap kesehatan jantung ? Berikut penjelasan Taruna Ikrar MD.,PhD seorang specialist dan Scieintist dari University of California USA .

Menurut Taruna Ikrar MD.,PhD, penyakit jantung dan pembuluh darah merupakan penyebab kematian paling tinggi di dunia, berbagai penyakit tersebut meliputi, penyakit jantung koroner,tekanan darah tinggi,Hipertensi jantung sampai pada stoke dan penyakit lain sebagai akibat dari degeneratif fungsi jantung.

Dalam berbagai kasus penyakit-penyakit tersebut banyak disebabkan kelebihan lemak darah atau (hiperlipidemia) dan kelebihan kolesterol darah (hiperkolesterolmia) yang bersifat kronis, sehingga jika berlangsung cukup lama akan memicu pembentukan deposit dalam dinding pembuluh darah yang pada akhirnya akan menyebabkan pembuluh darah menjadi kaku sehingga memicu penyumbatan pembuluh darah serta meningkatkan tekanan darah (hipertensi).

Oleh karena itu cara terbaik untuk menganggulangi penyakit kardiovaskuler ini adalah dengan pencegahan dini melalui penerapan gaya hidup sehat,memilih asupan makanan yang sehat dan menghindari makanan berlemak dan berolaraga sampai menjalankan puasa secara rutin.

Ibadah Puasa bisa menjadi pilihan cerdas untuk menjaga kesehatan jantung  

Hal ini disebabkan karena ketika orang menjalankan ibadah puasa maka dengan sendirinya akan melatih untuk menerapkan pola hidup yang sehat dan hidup lebih teratur. Berpuasa juga secara efektif akan mencegah seseorang untuk mengkonsumsi makanan secara berlebihan. 

Dalam berbagai penelitian berhubungan dengan puasa, menyebutkan jika ibadah puasa dapat meningkatkan kesehatan tubuh karena erat kaitannya dengan kinerja metabolisme tubuh. Saat menjalankan ibadah puasa terjadi peningkatan HDL anda apoprotein alfa 1 dan penurunan LDL. Hal ini tentu akan berpengaruh terhadap kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Berpuasa sebulan penuh seperti pada bulan Ramadhan berpengaruh besar terhadap menurunnya distribusi sirkadian dari suhu tubuh,kortisol,melatonin dan glisemia. Meskipun efek perubahan relatif ringan namun memberi efek luar bisa dalam meningkatkan kesehatan tubuh.

Menjalankan ibadah puasa akan memberikan kondisi psikologis yang tenang dan teduh dan mengurangi rasa amarah sehingga bisa menurunkan adrenalin. Pada kondisi tertentu rasa amarah dapat memicu peningkatan adrenalin sampai 30 kali lipat. Dalam kondisi seperti ini adrenalin bisa memperkecil kontraksi otot empedu, pembuluh darah perifer menyempit, memperluas pembuluh darah koroner dan meningkatnya tekanan darah sehingga menambah volume darah ke jantung sehingga detak jantung cenderung meningkat. Kondisi-kondisi ini sesungguhnya akan berefek buruk terhadap meningkatnya resiko penyakit pembuluh darah,jantung dan otak bahkan sampai stroke sekalipun.
Manfaat Ajaib Puasa Untuk Meningkatkan Kesehatan Jantung
Baca Lebih Lengkap KLIK DISINI
ProArgi9 dan Spirulina Obat Herbal Terbaik Untuk Jantung
Manfaat Proargi9-Plus :
1. Meningkatkan Produksi Nitric-Oxide
2. Menormalkan tekanan darah.
3.Melebarkan dan melenturkan serta menghilangkan penyumbatan pembuluh darah
4. Meningkatkan kekebalan tubuh.
5. Meningkatkan kemampuan seksual
6. Meningkatkan funngsi otak terutama memori dan daya ingat.
Manfaat Spirulina :
1. Diekstrak dari ganggang hijau-biru yang kaya akan nutrisi yang lengkap
2. Merupakan suplemen protein yang tinggi
3. Melindungi sel hati dari kerusakan
4. Meningkatkan fungsi sel hati
5. Membantu sistem pencernaan dan memperlancar buang air besar
6. Menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah
7. Menurunkan kolesterol gula darah 
Alasan lain mengapa ibadah puasa sangat dianjurkan bagi kesehatan karena manfaatnya yang luar biasa dalam menurunkan kadar gula dan dan kolesterol sehingga dapat menjadi solusi perawatan bagi mereka penderita diabetes, penderita obesitas dan tekanan darah tinggi. Namun tentunya tetap diukur separah apa kondisi penyakit yang di alami.

Menghentikan sejenak konsumsi air saat menjalani puasa, juga sangat efektif dalam meningkatkan konsetrasi urin dalam ginjal serta meningkatkan osmosis urin mencapai 1000-12000 ml osmosi.kg air sehingga dalam kondisi tertentu dapat memberikan perlindungan terhadap fungsi ginjal

Kekurangan asupan air saat menjalani ibadah puasa ini akan mengurangi volume air dalam darah yang artinya memacu kinerja mekanisme lokal pengatur pembuluh darah dan menambah prostaglandin sehingga memacu fungsi dan kerja sel darah merah. 

Puasa meningkat kekebalan tubuh, hal ini ditunjukkan dalam sebuah penelitian yang menemukan jika saat berpuasa terjadi peningkatan limfosir sampai 10 kali lipat. Meskipun kondisi ini tidak merubah sel darah putih secara keseluruhan, namun Sel T (sel di dalam salah satu grup sel darah putih yang diketahui sebagai limfosit dan memainkan peran utama pada kekebalan selular) mengalami peningkatan yang cukup pesat.  Keadaan ini juga akan menyebabkan perubahan aksidental lipoprotein yang berkepadatan rendah (LDL) tanpa diikuti penambahan HDL. Selain itu puasa juga bisa menurunkan kadar apobetta dan meningkatkan kadar apoalfa 1 sehingga menjauhkan serangan jantung dan penyakit pembuluh darah.

Pola makan puasa yang bersifat rotatif menjadi beban dalam asimilasi makanan dalam tubuh yang memungkinkan terjadinya pengeluaran lyang lebih besar terhadap hormon sistem pencernaan dan insulin. 

Dr Ratey seorang psikiater dari Havard dalam sebuah penelitiannya mengungkapkan jika asupan kalori yang dibatasi dapat meningkatkan kinerja otak. Dalam penelitian tersebut, Dr Ratey memantau otak mereka yang berpuasa dengan fMRI atau "functional Magnetic Resonance Imaging". Hasilnya cukup mengejutkan dimana setiap individu menunjukkan aktivitas "motor cortex: yang meningkat secara konsisten dan signifikan.

Berkaitan dengan neurologi, Mark Mattson Ph.D seorang kepala laboratorium neuroscience di NiH's National Institute on Aging yang meneliti manfaat diet dengan pola berpuasa menemukan bahwa secara signifikan diet sehat yang tepat seperti berpuasa dapat melindungi otak dari penyakit kronis seperti Parkinson dan Alzheimer. Hasil ini diperkuat jika diet dengan pola pembatasan kalori 30 - 50 persen dari kondisi normal cukup efektif untuk menurunkan tekanan darah,denyut jantung dan membantu peremajaan sel-sel dalam otak.

Begitu besar manfaat puasa untuk kesehatan jantung serta organ vital lainnya dari tubuh kita. Semoga artikelnya bermanfaat. Salam sehat

disadur dari : republika.co.id

TIPS MENARIK LAINNYA :
loading...

Related Posts

Manfaat Ajaib Puasa Untuk Meningkatkan Kesehatan Jantung
4/ 5
Oleh
loading...
Komentar Anda :