Thursday, June 4, 2015

Mengupas Manfaat Bakteri Probiotik Untuk Kesehatan Tubuh

Bakteri probiotik mungkin dikenal luas pada masyarakat karena manfaatnya yang berhubungan langsung dengan pencernaan. Namun pada kenyataannya bakteri probiotik bukan hanya untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan sameta melainkan memiliki beragam manfaat yang cukup banyak untuk kesehatan tubuh manusia secara menyeluruh.

Manfaat Bakteri Probiotik Untuk Kesehatan Tubuh

Probiotik adalah microorganisme yang hidup dan bila diberikan dalam jumlah yang banyak akan memberikan keuntungan tersendiri untuk kesehatan tubuh.Beberapa ilmuan menyatakan jika 70-80 persen sistem imum dalam tubuh manusia terdapat pada organ usus. sehingga mengkonsumsi probiotik setiap hari akan memberikan manfaat yang luar biasa untuk kesehatan usus. Dilansir dari laman magforwomen.com, berikut manfaat bakteri probiotik untuk kesehatan tubuh yang layak anda tahu :

1. Menjaga Kesehatan Mulut

Probiotik bisa menjadi solusi yang ampuh untuk mengatasi masalah kesehatan mulut dan gigi. Hal ini disebabkan karena probiotik akan mengganti bakteri jahat yang memicu masalah kesehatan mulut seperti bau mulut, kerusakan gigi dan dan masalah kesehatan mulut lainnya. Beberapa kasus membuktikan jika infeksi mulut pada anak bisa disembuhkan dengan pemberian probiotik secara ruitn.

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Probiotik dapat memperkuat dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga berguna untuk menghilangkan rasa lelah, alergi pada kulit dan berbagai serangan penyakit lainnya. So di saat anda merasakan lelah yang cukup hebat, cobalah mengkonsumsi probiotik.

3. Mengatasi Masalah Sakit Tenggorokan dan Infeksi pada Telinga

Ada peneletian yang mengkaji mengenai manfaat probiotik terhadap infeksi tenggorokan dan telinga ini, dimana hasilnya cukup mengejutkan jika 60%- 80% infeksi pada tenggorokan dan telinga dapat disembuhkan dengan mengkonsumsi probiotik setiap hari.

4. Meningkatkan Kesehatan Vagina 

Berbagai keluhan yang sering dialami pada organ kewanitaan dapat di atasi dengan probiotik. Infeksi jamur, kandidiasis, bahkan vaginitis dapat disembuhkan dengan mengkonsumsi probiotik secara rutin setiap hari.

5. Menyehatkan Saluran Pencernaan

Probiotik sangat bermanfaat dalam mengobati masalah pencernaan yang sering berakitan dengan diare,iritasi usus dan sembelit. Probiotik akan bekerja memecah hidrokarbon yang berfungis untuk mencerna makanan dalam usus sehingga memudahkan penyerapan makanan. 
Selain itu pemberian probiotik menjadi usaha yang cukup berarti untuk membersihkan kotoran yang mengendap dalam usus sehingga menjadi pencegahan untuk meredakan iritasi usus dan lambung, dua penyakit yang paling sering menyerang sistem pencernaan.

6. Meningkatkan Aktivitas Otak

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of California LA mengungkapkan jika probiotik dapat meningkatkan kinerja otak sehingga dapat mempengaruhi emosi dan sensasi pada otak.

7. Meningkatkan Penyerapan Nutrisi

Probiotik memberikan peranan yang cukup besar terhadap kinerja tubuh untuk menyerap nutrisi yang penting dari makanan seperti vitamin,protein, dan kalsium sehingga dapat meningkatkan kinerja sistem imun.

8. Mengurangi Intoleransi Laktosa

Bakteri asam laktat dari probiotik cukup efektif untuk mengkonversi laktosa menjadi asam laktat. Bagi sebagian orang yang intoleransi dengan laktosa, proses konversi ini cukup penting karena akan membuat sistem pencernaan menolak enzim laktosa masuk ke dalam tubuh sehingga dengan konsumsi probiotik proses tersebut menjadi normal dan mengurangi intoleransi terhadap laktosa.

Dari ulasan di atas setidaknya memberikan referensi berharga bagi kita, akan ragam manfaat bakteri probiotik untuk kesehatan tubuh sehingga menjadi perlu dan penting memasukkan probiotik ke dalam menu makanan sehari-hari.


TIPS MENARIK LAINNYA :
loading...

Related Posts

Mengupas Manfaat Bakteri Probiotik Untuk Kesehatan Tubuh
4/ 5
Oleh
loading...
Komentar Anda :