Friday, August 28, 2015

Hati-Hati !! Barang-Barang Ini Seringkali Dianggap Aman Padahal Sebenarnya Tidak

Seringkali kita membeli beberapa produk yang niat untuk meningkatkan kesehatan. Sabun antibakteri untuk membunuh kuman. Pasta gigi untuk menjaga kesehatan gigi atau produk-produk lainnya.

Namun seringkali barang-barang ini justru dapat memberi efek sebaliknya jika tidak dipergunakan secara benar. Memicu alergi dan meninggalkan infeksi pada kulit.

Dilansir dari Health, berikut barang sehari-hari yang dianggap aman padahal berpotensi menyimpan biang pernyakit :

1. Busa Mandi 

Hati-Hati !! Barang-Barang Ini Seringkali Dianggap Aman Padahal Sebenarnya Tidak
Benda ini mungkin bisa membuat acara mandi anda lebih bersih dengan gumpalan busa dari sabun yang banyak. Tapi anda mungkin tidak akan percaya dengan apa yang tersembunyi di sudut dan celah dari busa mandi anda.

Menurut Jessica Weiser, MD, dari New York Dermatology Group, busa mandi merupakan lingkungan yang sempurna untuk pertumbuhan bakteri dan jamur.

Luka kecil pada badan akibat dari mencukur atau karena kulit kering bisa saja menjadi terinfeksi akibat jamur dan bakteri ini.

Tips : Jangan khawatir anda masih bisa menggunakan busa mandi ini dengan menerapkan beberapa tips sederhanan ini 
Pilih salah satu yang dibuat dengan serat alami dan memiliki enzim untuk mengontrol bakteri, jamur. Usahakan pula menggantinya setiap bulan. Bilas sampai bersih dan peras semua air setelah digunakan. Simpan ditempat yang sejuk dan kering.

2. Tusuk Telinga

Barang ini sering kali menjadi pilihan utama saat anda merasakan sesuatu yang menumpuk dalam telinga sehingga memberikan perasaan tidak nyaman.  Namun diperlukan tingkat kewaspadaan dalam penggunaannya.

Jika saja anda tidak menggunakan barang ini secara benar maka bisa melukai saluran dan gendang telinga.

3. Sabun antibakteri

Sabun antibakteri mungkin menjadi pilihan bagi kita saat mencucui tangan dengan harapan dapat membunuh banyak kuman. Namun menurut penelitian yang dilakukan oleh Elaine Larson, PhD, seorang profesor epidemiologi di Columbia University. 

Dalam Satu dekade yang lalu ia menulis sebuah percobaan yang  membandingkan rumah tangga yang menggunakan produk antibakteri dan tidak menggunakan sabun antibakteri

Hasilnya? Tidak ada perbedaan yang signifikan terhadap tingkat timbulnya penyakit.

Justru beberapa sabun anti bakteri memiliki bahan-bahan seperti triclosan dapat memacu resistensi antibakteri.

4. Kursi

Risiko duduk trlalu lama dapat memicu peningkatan risiko penyakit jantung dan  obesitas,Bahkan penelitian juga menunjukkan bahwa meskipun Anda berolahraga teratur, itu tidak cukup untuk mengimbangi dari resiko duduk yang dilakukan sepanjang hari baik itu di tempat kerjaatau bahkan di malam hari saat duduk menonton TV.

Tips : Sebuah studi 2015 yang diterbitkan dalam Journal Clinical of American Society of Nephrology, usahakan untuk berdiri selama dua menit tiap satu jam duduk. Cobalah bergerak atau melangkah berjalan dan mengisi cangkir air minum anda. Ini dapat mengurangi 23% resiko buruk dari duduk terlalu lama.

5. Blender

Hati-Hati !! Barang-Barang Ini Seringkali Dianggap Aman Padahal Sebenarnya Tidak
Mungkin anda merasa aman karena sering mencuci blender anda tiap kali selesai digunakan sehabis membuat secangkir jus apel yang lezat.

Namun apakah anda benar-benar telah mencucinya dengan sangat bersih dan tidak melupakan bagian-bagian yang paling penting ?

Paking blender atau cincin karet yang membantu mepertahankan posisi pisau blender menjadi salah satu bagian yang paling rentan terhadap jamur dan bakteri.

Laporan tahun 2013 dari  NSF International sebuah organisasi independen yang menguji kesehatan dan keamanan produk konsumen, paking blender merupakan alat dapur ketiga yang menyimpan bakteri dan jamur yang bisa memicu penyakit, ia menyimpan Salmonella, E. coli, ragi, dan jamur.

6. Pemotong Kuku

Benda ini memang alat "canggih" yang bisa membuat kuku anda lebih bersih dan terlihat manis. Namun benda ini menjadi tempat dari hidupnya bakteri yang berpindah dari kuku yang anda potong. Bakteri-bakteri yang hidup pada benda kecil ini bisa saja menimbulkan infeksi pada kulit.

Tips : bersihkan pemotong kuku anda tiap kali selesai digunakan.

7. Sudip Karet

Tentu anda pasti membersihkannya setelah selesai di gunakan. Namun jangan lupa untuk membuka kepala sudip karet ini sebelum di bersihkan.

Jangan lupa untuk tidak melakukannya, sebab benda ini bisa menyimpan beragam jamur, Bakteri E.coli dan ragi yang tentu saja anda tidak ingin bercampur dengan adonan anda saat anda menggunakannya kembali.

8. Boneka

Apa yang salah dengan benda lucu ini ? Boneka kesayangan anak anda adalah sarang dari debu dan tungau. Tungau dan debu adalah penyebab utama dari alergi debu dalam ruangan, menyebakan bersin,pilek,iritasi kulit dan mata merah.

9.Pasta Gigi Pemutih 

Anda mungkin mengandalkan pasta gigi untuk mendapatkan gigi yang putih dan bercahaya atau menjaga gigi anda agar tidak berlubang. 

Tapi ini tidak berarti jika pasta gigi benar-benar aman, Penggunaan jangka panjang dari pasta gigi terutama yang dirancang untuk  Beberapa pasta gigi yang dirancang untuk membersihkan noda, bisa saja efek buruk terhadap enamel gigi dan meningkatkan sensisivitas pada gigi.

Artikel ini disadur dari Health.com , artikel aslinya bisa anda baca disini


TIPS MENARIK LAINNYA :
loading...

Related Posts

Hati-Hati !! Barang-Barang Ini Seringkali Dianggap Aman Padahal Sebenarnya Tidak
4/ 5
Oleh
loading...
Komentar Anda :