Saturday, June 13, 2015

Ini Alasan Mengapa Biji-Bijian Bantu Anda Miliki Jantung Sehat

Kita pasti sudah sepakat jika penyakit jantung adalah penyakit paling mematikan. Penyakit jantung merupakan salah satu penyebab tingginya angka kematian dewasa ini. Banyak faktor yang bisa menyebabkan namun yang paling sering adalah pola hidup yang tidak sehat, merokok,alkohol dan pola makan yang buruk.

Biji-bijian untuk jantung

Salah satu faktor penting untuk memiliki jantung yang sehat adalah dengan memilih makanan yang sehat, salah satunya dari biji-bijian. Ada banyak alasan mengapa biji-bijian sangat penting untuk jantung. 


Banyak bukti medis yang sudah membuktikan jika konsumsi biji-bijian secara rutin akan sangat membantu mengurangi resiko penyakit jantung, stroke, diabetes sampai kanker. Biji-bijian yang dikonsumis secara rutin bahkan akan membantu tubuh untuk lepas dari obesitas, dan menurukan kadar kolesterol jahat dalam darah.

Tim peneliti dari US Departemen of Diatery Gidelines baru-baru ini menemukan jika bij-bijian dapat membantu memperlambat perkembangan penyakit jantung. Mereka merekomendasikan agar mengkonsumsi biji-bijain setiap hari seperti gandum utuh,beras merah,bulgur dan millet agar jantung lebih sehat.

Biji-bijian sangat kaya akan nutrisi penting bagi tubuh, mengandung antioksidan dan fitokimia. Mengkonsumsi biji-bijian 3 kali sehari dapat mengurangi 25-36% penyakit jantung, 37 % stroke dan 21-27% diabetes tipe 2, 21-43% resiko kanker saluran pencernaan dan 10-40% resiko kanker yang berhubungan dengan hormon.

Lalu apa saja biji-bijian untuk jantung sehat yang bisa dikonsumsi setiap hari ? Ada banyak yang bisa anda pilih namun kali ini kami merekomendasikan 4 diantaranya :

1. Beras Merah

Sebuah riset yang di publikasikan dalan Experimental Biology Annual Canference 24-28 april di Anheim, California mengungkapkan jika beras merah dapat mengurangi tekanan darah tinggi dan resiko penyakit jantung. Penelitian ini menyimpulkan jika beras merah memilki peranan yang sangat baik dibandingkan beras putih terutama dalam melindungi tubuh dari pengerasan pembuluh darah sehingga mengurangi resiko penyakit kardiovaskuler.

2. Biji Chia

Mengapa Biji-Bijian Baik untuk Jantung

Chia seeds atau biji Chia adalah biji dari tanaman berbunga mint yang berasal dari Amerika Tengah khususnya Meksiko dan Guatemala. Suku Aztec menjadikannya sebagai sumber makanan pokok yang dipercaya mampu meningkatkan energi dalam tubuh

Menurut pusat medis akademik Cleveland Clinic, Amerika Serikat, biji Chia telah terbukti menjaga tekanan darah dan meningkatkan kolesterol baik (HDL) sehingga mampu menurunkan kolesterol buruk (LDL) dan trigliserida. Manfaat tersebut sangat baik bagi jantung Anda.

3. Biji Labu Kuning

Biji labu kuning juga bermnafaat untuk kesehatan salah satunya untuk jantung. Biji Labu kuning kaya akan vitamin A dan Vitamin K. Biji Labu sarat akan zat seng sehingga dapat membantu tubuh memproduksi hormon testosteron. Zat besi dan magnesium dalam biji labu kuning sangat penting untuk mengendalikan tekanan darah.

4. Gandum Utuh

Dalam berbagai penelitian gandum merupakan salah satu makana sehat yang kaya akan gizi.. Dengan kandungan yang cukup kompleks, 85% karbohidrat,protein,serat,Vitamin B1 , Vitamin E dan mineral. Manfaat gandum utuh jantung sangat baik karena serat dalam gandum mampu mengikat kolesterol, dan langsung dibuang ke dalam saluran pembuangan (usus besar) tanpa diserap oleh usus halus. Gandum juga mengandung asam folat yang mampu mengurangi kelebihan kolesterol dalam darah. 

Sangat penting menjalani pola hidup yang sehat, demi minimalisir resiko penyakit jantung. Semoga artikel mengenai alasan biji-bijian penting untuk jantung yang telah kami sajikan bermanfaat. Salam sehat.


TIPS MENARIK LAINNYA :
loading...

Related Posts

Ini Alasan Mengapa Biji-Bijian Bantu Anda Miliki Jantung Sehat
4/ 5
Oleh
loading...
Komentar Anda :