Wednesday, March 18, 2015

Tips Bersalin Tanpa Rasa Sakit dan Nyeri

Tips Bersalin Tanpa Rasa Sakit dan Nyeri - Melahirkan normal meruakan proses melahirkan yang diidamkan para ibu hamil.Namun dibalik semua itu,banyak ibu hamil dihantui kekhawatiran menjelang persalinan. Itu wajar,mengingat melahirkan butuh tenaga,pikiran,hingga mental yang besar. Seorang ibu harus bisa menyimpan dan mempersiapkan tenaga dan pikiran itu,bisa melahirkan dengan selamat.

Tips Bersalin Tanpa Rasa Sakit dan Nyeri

Salah satu factor yang menyebabkan rasa khawatir atau takut ketika proses persalinan adalah rasa sakit. Namun kekhawatiran itu sudah bisa diatasi,dengan sebuah teknik untuk menimilisir rasa nyeri. Seorang dokter ahli kandungan ibu dan anak Fajar Medical Center, dr Nur Surya Wirawan SpAn KMN Mkes menjelaskan,jika menimalisir rasa nyeri saat bersalin salah satunya dapat dilakukan dengan teknik Intrathecal Labour Analgesia atau ILA.

ILA merupakan teknik dengan menyuntikkan obat ke dalam cairan syaraf tulang belakang. Cairan inilah yang bekerja menghilangkan rasa sakit. Obat ini hanya bekerja pada satu saraf sehingga tidak terserap kepembuluh darah dan masuk ke dalam tubuh janin. Obat tersebut disuntikkan ke punggung ketika posisi ibu duduk atau berbaring miring.

Penyuntikkan obat dilakukan saat persalianan mulai masuk pada tahap pembukaan empat (4). Setelah obat bekerja,biasanya si ibu akan merasa otot-otot tungkainya merasa kebas atau kesemutan dan lemas, namun tetap dalam keadaan sadar.

Menurut dr Surya teknik ini tidak memiliki efek samping, Karena tidak melewati pembuluh darah. Jadi sangat aman. Sementara itu menurut Dra.Resmiaty Datuiding. M.kes wakil pimpinan Fajar medical centre mengakatakan, penerapan teknik ILA ini masih terbilang baru sehingga perlu dilakukan sosialisasi dan penyuluhan secara berkesinambungan, agar para ibu hamil dapat mengerti secara lebih detail dan mau menerapkan teknik ini agar bisa menjalani proses persalinan tanpa rasa takut akan rasa nyeri lagi.


TIPS MENARIK LAINNYA :
loading...

Related Posts

Tips Bersalin Tanpa Rasa Sakit dan Nyeri
4/ 5
Oleh
loading...
Komentar Anda :