Monday, September 14, 2015

Cara Mengobati Radang Tenggorokan Secara Alami

Cara Mengobati Radang Tenggorokan Secara Alami - Sakit pada tenggorokan mungkin seringkali kita alami terlebih saat udara panas. Meskipun radang tenggorokan pada dasarnya bukanlah jenis penyakit yang terlalu mengkhawatirkan namun, terkadang radang tenggorokan boisa sangat menjengkelkan karena rasa sakit yang ditimbulkannya

Cara Mengobati Radang Tenggorokan Secara Alami
Oleh karena itu menyembuhkan radang tenggorkan dipandang perlu untuk dilakukan. Jika anda mengalami masalah ini, tips mengobati radang tenggorokan secara alami bisa menjadi pilihan yang tepat bagi anda,

Sebelum melangkah jauh mengenai pengobatan alami untuk sakit tenggorokan, ada baiknya kita mengenal apa saja gejala dan penyebab radang tenggorokan itu sendiri.

Penyebab dan Gejala radang Tenggorokan

Radang tenggorokan adalah kondisi peradangan pada pita suara. Hal ini biasanya disebabkan oleh kerja/beban yang berlebihan pada pita suara. Biasanya kondisi ini terjadi karena anda sering berteriak, bicara seharian penuh, bernyanyi tanpa istirahat, terlalu banyak makanan pedas atau sangat manis. Gejala radang tenggorokan antara lain ,Kering, luka kecil atau bengkak pada tenggorokan, Sakit ketika menelan, bernapas atau berbicara.

Penyebab paling sering dari radang tenggorokan adalah virus yang sama dengan penyebab pilek dan flu. Sedangkan radang tenggorokan yang disebabkan infeksi bakteri lebih jarang. Baik virus maupun bakteri, keduanya masuk ke dalam tubuh melalui mulut dan hidung - karena anda menghirup partikel bebas dari udara ketika seseorang batuk atau bersin, atau karena anda melakukan kontak dengan orang yang terinfeksi atau menggunakan sesuatu alat bersama-sama.

Untuk menyembuhkan radang tenggorokan ini ada bisa menerapkan cara mengobati radang tenggorokan secara alami yang telah kami himpun dalam poin-poin berikut ini.

Mengobati radang tenggorokan dengan madu dan lemon 

Lemon dan madu adalah salah satu yang paling dikenal dan digunakan untuk meringankan obat sakit tenggorokan. Jika Anda memiliki bahan-bahan ini dalam kulkas di rumah, Anda dapat mempersiapkan campuran ini untuk meringankan ketidaknyamanan.

Caranya: campurkan satu sendok madu dan satu sendok lemon dan dituangkan di dalam air hangat. Kemudian minumlah.

Mengobati radang tenggorokan dengan baking soda



Baking soda bisa dimanfaatkan untuk menyembuhkan sakit tenggorokan, membantu meminimalkan rasa sakit pada tenggorokan. Caranya Tambahkan segelas air hangat satu sendok makan baking soda dan kumur dengan campuran ini tiga kali sehari.

Mengobati radang tenggorokan dengan jahe

Jahe dapat membantu melonggarkan dan mengeluarkan lendir dari sistem pernapasa karena sifat ekspetoran. Jahe juga mampu bekerja maksimal meningkatkan oksigen ke sel-sel, dapat menimalisir racun dan mepercepat proses penyembuhan

Potong ssatu inci jahe yang telah dimemarkan lalu rebus kurang lebih selama tiga menit. Campurkan jahe tersebut dengan teh yang telah dibuat sebelumnya. kemudian nikmati.

Mengobati radang tenggorokan dengan Sage

Salah satu cara alami mengobati radang tenggorokan adalah dengan sage. Daun sage banyak digunakan sebagai bumbu masak dapur di Eropa. Aroma harumnya sering digunakan untuk menambah aroma bumbu masakan olahan daging dan seafood.
Mengobati radang tenggorokan secara alami
ilustrasi daun sage untuk menyembuhkan radang tenggorokan
Daun sage kering juga bisa dijadikan teh. Selain itu, daun sage juga mengandung minyak atsiri dan zat aktif lainnya. Zat ini berfungsi sebagai obat untuk menyembuhkan gigitan ular, meningkatkan kesuburan, sebagai antibiotok dan bersifat diuretik (melancarkan buang air kecil) serta  bagus untuk mengobati berbagai infeksi mulut dan tenggorokan. 

Mengobati radang tenggorokan dengan Bawang Putih 

Bawang dikenal untuk sifat antibiotik, jika baunya tidak mengganggu Anda maka Anda dapat memotong setengah bawang atau keseluruhan, dan menyimpannya di suatu tempat di dekat tempat tidur Anda di malam hari. Aroma dari bawang putih yang menyebar dalam ruangan dapat membantu untuk meringankan sakit tenggorokan.

Mengobati radang tenggorokan secara alami
Selain itu anda dapat juga dengan makan bawang putih. Mungkin terdengar aneh tapi bawang putih adalah obat alami yang ampuh mengobati radang tenggorokan. Bawang putih mengandung allicin, senyawa yang dapat membunuh bakteri yang menyebabkan radang dan melawan kuman yang menyebabkan rasa sakit dan iritasi. Caranya makan iris bawang putih,gigit dan isap sarinya. Cukup lakukan sekali dalam sehari.

Catatan Penting :

1. Untuk menyembuhkan dan menenangkan sakit tenggorokan, penting selalu tetap terhidrasi, karena air akan membantu mengurangi iritasi di pada daerah luka di tenggorokanya. Jika Anda berhenti minum cairan akan meningkatkan kekeringan di tenggorokan And

2. Jangan minum air  yang terlalu dingin atau terlalu panas yang lebih baik adalah air hangat, Perhatikan juga dengan makanan anda, Makan makanan lunak dan / atau semipadat, seperti kentang tumbuk dan sup, yang tidak menimbulkan rasa nyeri  saat menelan Kunyah secara perlahan sebelum anda menelan. Semua ini pasti akan membantu Anda memulihkan sesegera mungkin dari sakit tenggorokan.

3. Jika sakit tenggorokan Anda berlangsung lebih dari tiga hari ada perubahan, terlalu banyak lendir Ada baiknya untuk mengunjungi dokter karena mungkin ada infeksi tenggorokan yang memerlukan perawatan profesional.

Kami berharap semoga tulisan cara mengobati radang tenggorokan secara alami ini bisa bermanfaat untuk anda . Salam sehat


TIPS MENARIK LAINNYA :
loading...

Related Posts

Cara Mengobati Radang Tenggorokan Secara Alami
4/ 5
Oleh
loading...
Komentar Anda :