Monday, August 17, 2015

Bunda Warna Urine Bayi Bisa Mengindikasikan Penyakit Tertentu Loh

Warna urine pada bayi ternyata bisa mengindikasi penyakit tertentu. Bagi anda kaum ibu mungkin bisa memperhatikan lebih detail tatkala memeriksa popok sikecil setiap harinya. Mungkin terkadang mengeluarkan urine atau pipis yang warnanya berbeda-beda.

Bunda Warna Urine Bayi Bisa Mengindikasikan Penyakit Tertentu Loh

Nah untuk lebih jelasnya apa sih hubungan antara warna urine pada sikecil dan kaitannya dengan kondisi kesehatannya, Yuk kita simak Penjelasan Dr. Patria Vittarina, SpA dari Divisi Perinatologi RSIA Muhammadiyah - Taman Puring, Jakarta  berikut ini :

1. Warna pipis si kecil berwarna kuning jernih

Jika ini terjadi pada bayi dan anak anda, bunda tidak perlu khawatir, sebab warna pipis ini termasuk ke dalam kategori yang normal dan tidak ada perbedaan saat bayi mengkonsumsi susu formula atau ASI. Normalnya, warna urine bayi baru lahir (0-3 bulan) dibandingkan dengan bayi diatas 4 bulan adalah sama. Kecuali bila bayi mendapat makanan tambahan atau mengkonsumsi obat warna urine-nya bisa berubah.

2. Warna Urine  Bayi Yang Tidak Normal

Untuk melihat warna urine bayi yang tidak normal bisa dilihat dari bau dan penampakan warnanya :
  • Jika warna urine bayi menunjukkan warna Oranye maka kemungkinan urine berwarna oranye tersebut bisa saja disebabkan karena mengonsumsi pyridium atau rifampisin. Rifampicin, atau disebut juga dengan rifampin, merupakan obat antibiotik yang dapat digunakan untuk mengobati beberapa infeksi serius yang disebabkan oleh bakteri. Obat ini berfungsi menghentikan pertumbuhan dan perkembangbiakan bakteri.
  • Jika urine bayi berwarna  pink atau merah maka kemungkinan terdapat darah, hemogloblin, myoglobin, atau bisa juga karena pewarna makanan. Nah untuk itu bunda perlu lebih teliti dalam memberikan asupan makanan yang jauh dari pewarna.
  • Jika warna urine pada bayi berwarna  Coklat atau hitam maka kemungkinan terdapat myoglobin, pigment empedu, atau karena mengkonsumsi obat metronidazol, nitrofurantoin.
  • Jika pipis bayi berwarna biru: kemungkinan terdapat obat methylene blue, infeksi saluran kemih karena pseudomonas (jarang terjadi), penyakit metabolik triptophan herediter.
  • JIka urine bayi Keruh atau berawan kemungkinan terdapat infeksi saluran kemih.
  • Jika warna urine bayi Kuning tua maka kemungkinan oleh karena mengonsumsi vitamin C, Vitamin B, Betakaroten, jeruk atau wortel.

3. Warna Urine Bisa Mengindikasi Penyakit 


Dari beberapa poin ke2 diatas maka bunda perlu merasa khawatir jika terjadi perubahan warna pada urine bayi anda. Meskipun terkadang perubahan warna bisa disebabkan karena makanan, namun perlu dilihat lebih detail. 

Perubahan warna urine pada bayi perlu diwaspadai jika perubahan itu tidak ada hubungannya dengan makanan. dr Patria menjelaskan jika perubuahan warna pada urine bisa menjadi indikasi adanya penyakit tertentu pada tubuh bayi misalnya infeksi saluran kemih yang jika tidak segera ditangani pada jangka panjang bisa mengakibatkan kerusakan ginjal.

dr Patria menyarankan jika, anda mendapati perubahan warna urine pada bayi anda, maka amati pula gejala-gejala lain dari bayi anda. Jika terjadi kondisi seperti demam,rewel,diare dan tidak ingin makan maka sebaiknya segera berkonsultasi ke dokter agar segera dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Apa warna urine jika bayi kurang Minum 

Menurut dr Patria kecukupan cairan atau minum ASI/ susu formula untuk bayi memang bisa dilihat dari seberapa sering dan frekunsinya .Bila bayi cukup ASI atau susu formula, maka bayi tersebut akan kenyang yang ditandai dengan bayi tidak rewel, aktif, tidur nyenyak serta terdapat kenaikan berat badan.

Lebih lanjut lagi dr Patria menjelaskan bila bayi kurang minum atau dehidrasi, maka biasanya frekuensi BAK akan berkurang atau jumlah urine sedikit, sehingga warna urine bayi akan terlihat kuning pekat. Ini bisa menjadi patokan bunda apakah si kecil kurang minum atau tidak.

Oleh karena itu dengan memerhatikan frekuensi pipis si kecil dan warna urine-nya, Anda bisa mengukur apakah si kecil cukup minum atau tidak dan bisa ditindaklanjuti. 

Semoga artikel sederhana mengenai warna urine bayi bisa mengindikasikan penyakit tertentu ini bermanfaat. Salam sehat.


TIPS MENARIK LAINNYA :
loading...

Related Posts

Bunda Warna Urine Bayi Bisa Mengindikasikan Penyakit Tertentu Loh
4/ 5
Oleh
loading...
Komentar Anda :