Friday, May 1, 2015

Tanaman Obat Herbal Untuk Campak

Tanaman Obat Herbal Untuk Campak - Campak adalah suatu penyakit infeksi virus akut yang ditandai dengan demam dan timbulnya bintil-bintil ruam kemerahan yang menyebar di sekitar permuakaan kulit disertai peradangan selaput lendir mata dan saluran pernafasan. Ada beberapa metode untuk mengobati penyakit campak yang bisa dilakukan yakni dengan hodroterapi dan memanfaatkan tanaman obat. Berikut ulasannya.

Tanaman Obat Herbal Untuk Campak

Pengobatan Penyakit Campak dengan Hidroterapi

1. Berikan kompres dingin secara terus menerus pada dahi untuk menghilangkan sakit kepala. Pulas kain yang telah direndam jangan sampai ada lelehan pada leher. Letakkan pada bagian yang dirawat. Ganti dan perbaharui kompres 2-3 menit. Perawatan untuk menghilangkan kongesti 2-30 menit untuk demam terus-menerus selama ada demam. Pada akhir perawatan,keringkan bagian tubuh secara seksama dengan handuk dan hindrai kedinginan.

2. Untuk campak disertai batuk berikan demah panas pada dada dan punggung 2 kali sehari. Hal ini bertujuan untuk memberikan efek meningkatkan aliran darah,menghialngkan rasa nyeri,menghilangkan kongesti dan memberikan ketenangan.

3. Mandi air kanji untuk menghilangkan gatal-gatal. Dapat dilakukan setiap hari sebagai pengganti mandi normal. Mandi air kanji memberikan efek untuk menghilangkan peradangan kulit,menghilangkan rasa panas dan gatal.

4. Lindungi mata dari cahaya terang. Usahakan kamar dengan penerangan yang redup dengan tirai pada jendela dan lampu yang remang pada malam hari.

Tamanan Obat Untuk Pengobatan Campak

1. Daun Legundi untuk demam ( Vitex negundo L.)

  • Rebus 4 sendok daun Legundi kering yang dirajang atau 6 sendok makan daun Legundi yang segar yang dirajang dalam 2 gelas air selama 15 menit
  • Dosisnya : Orang dewasa 1 mangkuk setiap 4 jam sedangkan untuk bayi  1 sendok makan setiap 4 jam dan anak-anak 7-12 tahun 1/2 mangkuk tiap 4 jam
2. Tepung Tapioka/Ubi Kayu (Manihot esculenta Crantz) Cocok untuk Bayi
  • Kupas kulit ubu kayu dan parut isinya. Peras sarinya lalu tambahkan cukup air untuk satu loyang mandi bayi dan hangatkan
  • Rendam tubuh bayi dalam air kanji selama 10-15 menit. Jangan gosok kulitnya. 
Semoga informasi mengenai tanaman obat herbal untuk campak diatas bermanfaat. 


TIPS MENARIK LAINNYA :
loading...

Related Posts

Tanaman Obat Herbal Untuk Campak
4/ 5
Oleh
loading...
Komentar Anda :