Monday, March 9, 2015

Penanganan Pertama Pada Orang Pingsan dan Cara Mengobatinya

Pingsan dalam istilah medis termasuk kedalam kategori periodic unconciousness yang berarti menurunnnya tingkat kesadaran secara perodik. Kondisi ini biasanya menimbulkan perasaan pening dan pusing disertai menurunnya kesadaran

Penanganan Pertama Pada Orang Pingsan dan Cara Mengobatinya

Orang yang pingsan secara berulang-ulang dapat disebabkan beberapa faktor berupa berkurangnya aliran darah ke otak, karena tekanan darah yang rendah, berdiri terlalu lama di tempat yang panas atau bisa juga karena kelainan jantung dimana detak jantung yang berdetak secara beraturan. Tulisan kali ini akan mengulas tentang cara penanganan pertama pada orang pingsan dan cara mengobatinya.

Penanganan Pertama pada Orang Pingsan


  1. Turunkan kepala diantara kedua lutut, jika penderita sedang duduk dikursi.
  2. Atau, biarkan dia berbaring terlentang dnegan kepala lebh rendah daripada kaki. Ini dilakukan dengan menarik darah ke kepala
  3. Periksa denyut nadi dan pernafasan untuk mencari tahu apakah pernafasn dan nadi kuat. Jika pernafasan cepat dn denyutan nadi kuat, ambillah sebuah kantong kertas atau plastik yang cukup besar untuk menutup muka. Pegang kantong di hadapan hidung dan mulut, biarkan penderita menghirup dan menghembuskan nafas dengan perlahan dalam kantong selama beberapa menit. Jika ia belum juga pulih dalam 15-20 menit, bawa penderita ke rumah sakit atau klik terdekat untuk mendapatkan pemerikasaan medis.
  4. Jika penderita tidak bernafas dan denyut nadi tak dapat diraba, bersedialah menagadakan resusitasi kardiopolmoner ( penggiatan kembali jantung dan paru-paru dengan pernafasan buatan). Minta seseorang memanggil dokter atau bersiap untuk mengangkut penderita ke rumah sakit terdekat. Jika seseorang sanggup melakukan CPR ( cardiopul monary resuscitation) lakukanlanh CPR, sementara penderita sedang diangkut menuju rumah sakit. Berhenti apabila denyutan nadi penderita dapat diraba dan ia sudah bernafas.
Selain pengananan pertama pada orang pingsan diatas, dapat mengobati dengan memanfaatkan tanaman obat.

Pengobatan Orang Pingsan Dengan Tanaman Obat


1. Daun Srikaya (Anona squomosa L)

Caranya adalah :
  • Jika penderita bernafas dan denyutan nadinya kuat, hancurkan dau srikaya, lalu biarkan penderita mencium sarinya. Letakkan diatas hidung dan biarkan penderita mencium aromanya sampai pening dan pingsan hilang.
2. Daun Jambu Biji ( Psidium guajava L)

Caranya yaitu :
  • Hancurkan daun jambu biji, lalu biarkan penderita mencium baunya. Biarkan penderita bernafas panjang lalu letakkan daun jambu biji yang telah hancur didepan hidung. Biarkan sampai pening hilang.
Demikianlah artikel tentang penanganan pertama pada orang pingsan dan cara mengobatinya yang dapat kami sajikan untuk anda. Tetap waspada dan senantiasa menjaga kesehatan dan pola hidup anda. Jangan lewatkan artikel menarik lainnya tentang cara mengobati dan penanganan pertama pada gigitan ular. Salam sehat.


TIPS MENARIK LAINNYA :
loading...

Related Posts

Penanganan Pertama Pada Orang Pingsan dan Cara Mengobatinya
4/ 5
Oleh
loading...
Komentar Anda :