Tuesday, December 8, 2015

12 Makanan Terbaik Untuk Pencernaan Yang Sehat

12 Makanan untuk Meningkatkan Pencernaan - Sistem pencernaan merupakan salah satu organ yang vital dan penting peranannya untuk tubuh. Olehnya itu sistem pencernaan yang sehat akan sangat mempengaruhi kinerja dari organ-organ tubuh penting lainnya.

Salah satunya adalah sistem kekebalan tubuh kita, sangat bergantung sejauh mana sehatnya sistem pencernaan tubuh. Pada artikel ini akan dipaparkan berbagai varian makanan untuk meningkatkan pencernaan.

Mengkonsumsi makanan-makanan ini setiap hari akan memberikan efek yang luar biasa untuk menyehatkan dan mengatasi masalah pencernaan :

Makanan Terbaik Untuk Meningkatkan Pencernaan Yang Sehat


12 Makanan Untuk Pencernaan Bermasalah 

Perlu dicatat bahwa makanan-makanan ini bukan hanya sangat baik untuk membersihkan pencernaan, tetapi juga memiliki manfaat yang luar biasa terhadap organ lainnya seperti, hati, otak, organ seks dan kelenjar serta memainkan peranan yang penting pula sebagai makanan untuk membersihkan usus. Berikut 12 makanan untuk menyehatkan sistem pencernaan :

1. Yoghurt

Campuran susu fermentasi dan bakteri hidup, yoghurt adalah prebiotik ampuh, yang artinya mengandung bakteri hidup yang bisa memerangi hama pengganggu. Saat ini, rak-rak di toko dipadati serangkaian produk yoghurt, sehingga membingungkan untuk memilih yang terbaik.

Cara paling sederhana adalah yakinkan bahwa kemasannya menegaskan live active cultures (bakteri aktif hidup), sehingga Anda tahu produk ini tidak dipasterisasi karena proses ini bisa membunuh mikroba yang baik.

Lalu, pilihlah yang tidak punya tambahan gula, karena gula yang berlebuhan bisa member daya pada bakteri tidak baik. Selain itu, pilihlah produk Yunani. Yoghurt Yunani memiliki kekuatan prebiotik yang sama seperti yoghurt lainnya tapi dia dua kali lipat lebih banyak proteinnya.

2. Gandum

Gandum sangat kaya serat larut dan tak larut air. Gandum juga mengandung berbagai mineral dan vitamin E. Gandum adalah salah satu makanan terbaik untuk melancarkan pencernaan Anda. Gandum juga bahkan dapat menjaga perut dan usus yang sehat dan mengobati sembelit juga. 

3. Asparagus

Sayuran ini mengandung level inulin tinggi, sekitar 15 gram tiap saji. Inulin adalah serat yang bisa dicerna dan bertindak sebagai prebiotik, tipe gizi yang memberikan nutrisi kepada bakteri ramah yang hidup di dalam saluran pencernaan.

Asparagus juga memiliki level vitamin B padat dan antioksidan pelawan peradangan. Seperti sayuran renyah lainnya, asparagus tidak berpotensi menyebabkan kentut berlebihan.

4. Alpukat 

Buah yang satu ini kaya akan serat dan banyak vitamin yang membantu dalam melancarkan pencernaan. Ini juga dapat meningkatkan kesehatan Anda. Buah alpukat juga dapat membantu dalam berfungsinya kandung empedu dan pankreas.

5.  Bawang

Bawang baik bagi sistem pencernaan dengan bertindak sebagai prebiotik yang memberikan tenaga bagi bakteri baik berkat level inulin yang tinggi. Sebuah kajian pada 2012 memberikan dukungan bagi kekuatan bawang untuk memperbaiki usus. Sejumlah periset menemukan bahwa bubuk bawang mempromosikan pertumbuhan bakteri pencernaan yang baik seperti laktobasilus.

6. Pisang

Buah pisang adalah salah satu makanan jenis buah-buahan terbaik untuk meningkatkan fungsi pencernaan. Pisang juga dapat menyembuhkan diare dan membantu menjaga buang air besar teratur. Pisang kaya akan elektrolit dan kalium yang dapat meningkatkan proses pencernaan.


7. Oat

Oat mengandung beta-glukan, yaitu karbohidrat yang bisa dicerna dan memberikan asupan bagi bakteri baik di sistem pencernaan. Sebuah kajian pada 2012 di British Journal of Nutrition mengungkapkan, sereal sarapan oat gandum utuh memiliki kekuatan prebiotik. Jika tak suka oat, Anda bisa mendapatkan beta-glukan dari jelai atau barley. Makanan ini juga memiliki kandungan beta-glukan tinggi

Makanan Terbaik Untuk Pencernaan Yang Sehat


8. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan mengandung banyak pati resisten yang memberi makanan kepada bakteria baik. Kacang hitam, kacang, pinto—semua jenisnya memiliki kekuatan prebiotik, dan juga protein. Kalau makan kacang membuat Anda kembung atau kentut, disarankan agar Anda mengonsumsinya dalam jumlah kecil terlebih dahulu, sehingga tubuh Anda punya waktu untuk terbiasa dengan makanan ini.

Baca juga : Ini Alasan Mengapa Biji-Bijian Bantu Anda Miliki Jantung Sehat

9. Blueberry 

Buah ini kaya antioksidan, vitamin C dan serat yang membantu untuk menjaga jalur pencernaan yang sehat. Blueberry memberikan bantuan untuk mengobati gejala gangguan pencernaan karena dan membantu dalam mencerna makanan dengan cepat. Selain itu, blueberry juga dapat membantu untuk melawan kanker.

10. Ubi Jalar

Ketika Ubi Jalar dikonsumsi dengan kulitnya, itu sangat baik untuk melancarkan proses pencernaan Anda. Makanan ini juga dapat membantu untuk menyembuhkan perut dan usus borok. Ubi jalar juga mampu meningkatkan nafsu makan dan mengobati sindrom iritasi usus besar.

11. Kimchi

Kubis fermentasi ini adalah makanan tradisional Korea. Seperti sauerkraut, makanan ini mengandung bakteri baik untuk usus. Kimchi biasanya dibuat dari bawang, yang berfungsi sebagai prebiotik yang memberi asupan kepada bakteri baik di dalam saluran cerna.

12. Buah Persik

Buah ini kaya kalium, kalsium, besi, vitamin C dan serat yang dapat membantu dalam pencernaan dan meningkatkan kesehatan jantung. Konsumsi buah persik jika Anda sering menderita gangguan pencernaan.

Jangan lupa untuk menyisipkan beberapa makanan sehat untuk meningkatkan pencernaan ini kedalam menu makanan anda sehari-hari, semakin anda sering mengkonsumsinya, maka tentunya akan memberikan efek positif untuk meningkatkan, menyehatkan dan mengatasi masalah salura pencernaan.


TIPS MENARIK LAINNYA :
loading...

Related Posts

12 Makanan Terbaik Untuk Pencernaan Yang Sehat
4/ 5
Oleh
loading...
Komentar Anda :