Saturday, May 23, 2015

Tips Kehamilan - Waspadai Efek Samping Pahitnya Pare Bagi Untuk Hamil

Bahayakah Pare Untuk Ibu Hamil ?


Pertanyaan ini mungkin sering diajukan banyak ibu hamil yang tergolong "pecinta" buah pahit ini. Ya pare menjadi salah satu buah yang banyak digemari oleh lidah orang-orang Asia, terlebih Asia Tenggara termasuk Indonesia. 

efek pare untuk ibu hamil

Meskipun memiliki rasa yang pahit, buah pare sering diolah menjadi aneka tumisan untuk santapan ikan asin, kadang pula banyak di manfaatkan untuk lalapan. Manfaat buah pare untuk kesehatan memang tergolong kompleks. 

Pare banyak dipercaya sangat baik untuk kecantikan kulit dan memperlacar ASI pada ibu menyusui, serta banyak pula di manfaatkan untuk menurunkan kadar gula, sehingga manfaat pare untuk diabetes juga cukup efektif.

Namun bagaimana dengan ibu hamil? Bolehkah mengkosnumsi pare untuk ibu hamil? Untuk menjawab pertanyaan ini, silahkan simak terus ulasannya ya.

Efek Pare Untuk Ibu Hamil


Seperti dilansir dari laman vemale.com, Pare memiliki kandungan seperti saponin,flavonoid, dan polifenol (antioxidant kuat) serta glikosida cucurbitacin,momordicin, dan charantin yang dapat menurunkan kadar gula sehingga banyak di gunakan untuk penyembuhan diabetes.

Meskipun pare besar manfaatnya, bukan berarti semua orang bisa mengkonsumsinya. Orang dalam kondisi tertentu hendaklah sedikit waspada. Buah pare menjadi pantangan bagi hamil sebab pare memiliki sifat unik yaitu sifat toksisitasnya, dimana terkait untuk penyembuhan diabetes pemberian 250-500 gram pare bisa memicu nyeri perut dan diare.Makanya bagi ibu hamil sangat diajurkan untuk membatasi konsumsi pare, efek buah pare untuk ibu hamil dapat berupa :

1. Meningkatkan Resiko Keguguran

Dari kajian yang di keluarkan oleh Institut Pertanian Bogor mengungkapkan bahwa kandungan senyawa berupa, kina, saponin,glikosida,vicine,carpain, dan morodicine dalam pare bisa menggangu proses perkembangan janin dalam kandungan.

Uji coba tentang bahaya pare ini telah di uji coba terhadap tikus yang sedang mengandung dan diberikan jus pare. Tikus tersebut mengalami keguguran. Hal ini banyak disebabkan karena pare memiliki senyawa yang bisa menimbulkan masalah bagi  ibu hamil. 

Selain itu senyawa kina dalam pare seperti halnya yang terdapat dalam pepaya muda adalah sejenis senyawa yang bisa merangsang penyusutan rahim, meningkatkan resiko bayi prematur (Pre-Term Labour) serta meningkatkan resiko keguguran terutama jika dikonsumsi secara berlebihan dan terus menerus.


2. Mengganggu Sistem Pencernaan

Pare untuk ibu hamil juga bisa menimbulkan masalah lain yakni masalah pencernaan. Penyakit diare, sakit perut,mual, muntah sampai produksi air liur berlebihan di rongga mulut bisa dipicu oleh buah pahit ini. Berbagai keluhan ini banyak disebabkan karena pare memang banyak mengandung glikosida,saponic dan morodicine yang kerap menjadi pemicu masalah sistem pencernaan tubuh.

3. Menimbulkan Alergi

Efek pare untuk ibu hamil selanjutnya adalah bisa menimbulkan alergi hal ini banyak disebabkan karena pare mengandung senyawa vicine yang bisa menimbulkan gejala favism. Favism merupakan salah satu jenis alergi yang bisa menimbulkan masalah sendiri karena bisa menimbulkan ruam, wajah yang memerah dan alergi kulit gatal yang berkepanjangan terlebih bagi mereka yang dengan kondisi kulit hipersensitif.

Untuk menimalisir efek pare bagi untuk hamil ini , maka sangat disarankan agar tidak mengkonsumsi pare secara berlebihan. Efek lain yang bisa ditimbulkan dari pare ini khususnya untuk pria dapat meningkatkan resiko impoten,merusak buah pelir dan bisa merusak liver.

Disadur dari
1.vemale.com
2.Ibu-Hamil.web.id
3.sweetpearls.com
4.laurencius1.blogspot.com


TIPS MENARIK LAINNYA :
loading...

Related Posts

Tips Kehamilan - Waspadai Efek Samping Pahitnya Pare Bagi Untuk Hamil
4/ 5
Oleh
loading...
Komentar Anda :