Sunday, March 8, 2015

Menarik, Inilah 7 Alasan Kenapa Harus Minum Kopi Setiap Hari

Kopi mungkin adalah jenis minuman yang banyak dihindari oleh banyak orang. Namun bagi para penikmat kopi jenis minuman yang identik dengan warna "pekat" nya ini menjadi minuman yang memiliki keunikan tersendiri. Namun di luar dari citarsanya yang khas ternyata ada 7 alasan menarik dari kopi yang penting bagi kesehatan. Disadur dari laman dw.de ternyata kopi memiliki efek yang luar biasa tehadap otak,kulit dan tubuh kita.

Alasan Kenapa Harus Minum Kopi Setiap Hari

1. Aroma Kopi Sebagai Penghilang Stress

Dalam sebuah peneltian yang dilakukan oleh Seoul National University yang memeriksa otak seekor tikus sters karena kekurangan tidur. Ketika tikus tersebut diberi (diekspos) ke aroma kopi terjadi perubahan pada protein otak pada tikus tersebut. Perubahan ini terkiat dengan masalah stres dimana terjadi penurunan. Namun perlu dipertegas bahwa pengujian ini hanya pada kondisi stres karena kekurangan waktu tidur.

2. Ternyata Kopi Bisa Membantu Kesehatan Hati

Setidaknya hal ini dibuktikan dalam sebuah studi tahun 2006 yang menunjukkan bahwa orang yang mengkonsumsi setidaknya secangkir kopi sehari memiliki resiko 20% lebih kecil terkena siorosis hati atau sebuah penyakit yang banyak disebabkan oleh konsumsi alkohol berlebihan yang dapat mennyebabkan kegagalan fungsi hati dan kanker.

3. Mengurangi Resiko Kanker Kulit

Brigham and Women's Hospital yang bekerjasama dengan Havard Medical Scholl melakukan penelitian terhadap 112.897 pria dan wanita selama 20 tahun. Di temukan bahwa perempuan yang minum 3 cangkir kopi atau lebih perharinya memiliki kemungkinan kanker kulit yang lebih kecil dibandingkan perempuan yang tidak minum kopi.

4. Membantu Mengurangi Resiko Parkinson

Hasil mencenganngkan dari manfaat kopi bagi tubuh dilaporkan oleh ScienceDaily, dalam laporan tersebut menyebutkan jika kopi dapat membantu pengidap Parkinson untuk dapat mengendalikan gerakan tubuhnya. Ronald Postuma, salah seorang peneliti yang ikut serta dalam penelitian tersebut mengatkan " Resiko terkena penyakit Parkinson dapat diminimalisir dari kandungan kafein dari kopi"


5. Kopi Dapat Mengurangi Resiko Diabetes Tipe 2

The American Chemical Society dalam sebuah studinya menemukan jika mereka yang minum empat cangkir kopi atau lebih per hari mampu mengurangi terkena diabetes tipe 2 sampai 50%. Dalam setiap cangkir kopi dapat mengurangi resiko diabetes tipe 2 sebesar 7 %.

6. Membuat Otak Sehat Lebih Lama

Manfaat dari kopi ini ditemukan dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh sebuah universitas di South Florida, Miami. Dalam penelitian tersebut menemukan jika meraka yang berusia 65 tahun ke atas dan memiliki kadar kafein tinggi dalam darahnya akan lebih lambat terkena Alzheimer 2 - 4 tahun mendatang jika dibandingkan  bagi mereka yang memilki kadar kafein lebih rendah. Seorang peneliti bernama Dr. Chuanhai Cao sangat yakin mengkosumsi kopi dalam jumlah yang banyak dapat mengurangi resiko Alzheimer setidaknya dapat menekan dan memperlambat resikonya.

7. Membantu Otak lebih Cerdas

Dalam sebuah berita yang dilansir oleh CNN, melaporkan jika kopi dapat memberikan efek terhadap otak untuk bekerja lebih efisien dan lebih pintar. Reporter TIME michael Lemonick mengatakan bahwa minum kopi di saat tubuh kurang tidur memberikan reaksi yang cukup baik, meningkatkan kewaspadaan,perhatian dan bersikap rasional dimana reaksi-reaksi ini sangat berhubungan terhadap tingkat kecerdasaan.


7 Alasan mengapa harus minum kopi setiap hari diatas setidaknya dapat menjadi "peubah" cara pandang anda terhadap kopi, apalagi jika selama ini anda mengira jika mengkonsumsi kopi lebih banyak berdampak buruk terhadap kesehatan. Semoga bermanfaat :)


TIPS MENARIK LAINNYA :
loading...

Related Posts

Menarik, Inilah 7 Alasan Kenapa Harus Minum Kopi Setiap Hari
4/ 5
Oleh
loading...
Komentar Anda :